NAMLEA, Siwalimanews – Masyarakat Desa Namlea, Kecamatan Namlea, mendatangi puskesmas Namlea untuk minta disuntik vaksin.

Babinsa Desa Namlea, Pelda Syamsuddin Pali yang memonitoring kegiatan vaksinasi  di Puskesmas Namlea mengatakan sabang hari masyarakat selalu mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan ini untuk divaksin.

sejak dibuka pagi hingga jelang siang hari sebanyak 45 warga yang divaksinasi,” kata Syamsuddin kepada Siwalima, Selasa (1/3)

Menurutnya warga mengaku kedatangan untuk divaksin merupakan kesukarelaan mereka mengikuti vaksinasi.

‘’Umumnya mereka mengaku untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan Covid-19, karena semua beraktivitas di luar rumah dan tempat keramaian di siang hari,” jelas Syamsuddin.

Baca Juga: Siswa SD Mulai Disuntik

Dirinya merincikan dari 45 warga yang divaksin, sebanyak 9 orang disuntik dengan vaksin Sinovac untuk tahap II,  sedangkan yang menggunakan vaksin Astrazeneca sebanyak 25 orang, terdiri dari vaksin tahap I sebanyak 15 orang, tahap II sebanyak 8 orang dan tahap III sebanyak 2 orang

Sementara itu warga yang divaksin Pfizer sebanyak 11 orang, terdiri dari  tahap I sebanyak 3  orang, tahap II  sebanyak 5  orang dan tahap lll sebanyak 3 orang.

“Keseluruhan 45 orang. Dosis pertama 18 orang, dosis kedua 22  orang dan dosis ketiga 5 orang,” ujarnya.

Ditambahkan kegiatan vaksinasi juga berlangsung Puskesmas Elfule dan di ruang SD Negeri 16 Desa Oki Lama, Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan.

Sebanyak 48 orang mengikuti screning dan dinyatakan memenuhi syarat untuk divaksi­nasi. “48 warga Buru Selatan ini divaksinasi dengan vaksin Sinovac dan ada pula yang meng­-gunakan vaksin Frizer. (S-15)