AMBON, Siwalimanews – Warga lanjut usia mengeluh­kan kebijakan Walikota Ambonn yang me­wajibkan setiap pensiunan harus menunjukan kartu vaksin sebagai syarat untuk mengambil pensiun di bank.

Para pensiunan ini minta Wali­kota Ambon Richard Louhenapessy untuk mempertimbangkan kebija­kan yang mengatur pihak bank untuk menerapkan wajib pakai kartu vaksin saat pengambilan gaji pensiun.

Agutina Takaria, pensiunan ASN Kota Ambon kepada Siwalima di Ambon, Selasa (26/10) menilai, ke­bijakan pemkot untuk member­lakukan penerima pensiun harus memiliki kartu vaksin terkesan agak memaksa.

Pasalnya, jika pensiunan yang miliki penyakit bawaan seperti dirinya, yang belum bisa untuk melaksanakan vaksinasi lansia, maka tak bisa mengambil pensiun, dengan demikian apakah pemkot yang akan mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

“Saya ini menderita penyakit darah tinggi, apakah bisa divaksin, tentu belum bisa, kalau begini terus harus kita bagaimana. Sementara jika saya tidak ambil gaji pensiun saya karena terhambat kartu vaksin, lalu untuk kebutuhan sehari-hari siapa yang mencu­kupinya,” tandas Takaria.

Baca Juga: Disperindag Belum Tutup Lokasi Runtuhan Gedung Putih

Pensiunan ASN pemkot lainnya Berty juga mengaku cemas dengan penyakit yang dia derita, sebab bakal memicu dampak negatif usai vaksinasi.

“Kolesterol saya tinggi. Makanya minggu depan saya kontrol ke dokter, saya mau tanya boleh vaksin atau tidak, kalau tidak bisa terus apakah ada alternatif yang dilakukan oleh Pemkot Ambon terkait aturan yang baru ini ,” tanya dia.

Menurutnya, vaksinasi kepada para lansia memang sangat baik untuk membentuk herd immunity, namun harus juga dilihat resiko jika dilakukan vaksinasi kepada lansia yang miliki penyakit bawaan.

“Makanya Pemkot Ambon, tolong jangan beratkan para lansia dengan minta kartu vaksin, karena sebagain besar lansia belum juga divaksinasi, sebab banyak yang miliki penyakit bawaan,” pintanya. (S-51)