AMBON, Siwalimanews – Tidak hanya minyak tanah yang sulit di dapat dalam sebulan terakhir, air bersih dan Pasar Mardika menjadi keluhan bagi masyarakat Kota Ambon.

Hal ini terbukti setelah enam ke­lompok masyarakat melakukan tatap muka penjabat walikota lewat program walikota jumpa rakyak hari Jumat.

Banyak masukan yang diterima orang nomor satu di balai kota tersebut namun dirinya berjanji akan menindaklanjuti lewat OPD terkait.

Kepada wartawan, Penjabat Wali­kota Ambon Bodewin Wattimena mengaku ditemui oleh enam orang kelompok masyarakat.

Mereka mengelukan persoalan air bersih, soal pasar mardika, soal di ling­kungan, ada juga soal kenya­manan perusahaan, semua itu disam­paikan,” ucap walikota.

Baca Juga: Diduga Ditimbun, Pemerintah Harus Respons Kelangkaan Mitan

Dijelaskan program jumpa rakyat dilaksanakan hanya dalam waktu dua jam.

“Kita bersyukur walaupun dite­ngah kondisi hujan yang cukup de­ras mengguyur kota ini, tapi mas­yarakat ada yang mau datang sam­paikan aspirasi mereka,” jelasnya

Olehnya dari percakapan tadi, apa yang menjadi tanggung jawab pe­merintah, akan ditindaklanjuti. Tapi nanti akan evaluasi, artinya sampai sejauh mana pemerintah cepat merespon ini lewat OPD teknisnya.

Walikota mengaku, ketika ada keluhan terkait air bersih, seperti yang dikeluhkan warga hari ini, sejauh mana respon OPD, dan bagaimana menindaklanjuti itu. Ini tentu akan memudahkan dalam proses evaluasi terhadap kinerja setiap OPD.

“Jadi kalau ada keluhan soal air bersih atau jalan misalnya, bagaimana OPD merespon itu, ini kita bisa evakuasi OPD atas kinerja mereka,” tutur walikota.

Walikota berharap, melalui program ini, pada waktunya bisa menjawab semua aspirasi masyarakat dan merealisasi apa yang menjadi kebutuhan mereka.

“Program ini setiap Jumat, kalau seandainya saya tidak ada, maka ada pimpinan OPD, tapi selama saya di Ambon, saya akan hadir dan menerima masyarakat disini,” tandas walikota. (S-25)