AMBON, Siwalimanews – Baru dua pekan menjabat Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Bambang Ismawan sudah menunjukan keberhasilannya dalam bidang pembinaan teritorial.

Hal ini terlihat dari diserahkannya satu pucuk senjata api mesin ringan, merk Bren MK-3, kepada Pangdam, Rabu (1/9/).

Penyerahan dilakukan di lobi Makodam Pattimura, oleh Babinsa Koramil 1502-02, Koptu Awaluddin Maruapey, yang menerima senjata tersebut dari warga masyarakat Negeri Hualoy, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, secara sukarela.

Pangdam menyampaikan apresiasi kepada Babinsa Awaluddin Maruapey, dan berharap hal itu dapat diikuti oleh babinsa lainnya.

“Saya mengapresiasi keberhasilan babinsa dalam melakukan komunikasi dengan masyarakat, sehingga hari ini dapat menyerahkan Bren MK-3 tersebut. Kami harap hal ini dapat menjadi contoh dan diikuti oleh babinsa yang lain untuk terus membina hubungan baik dengan masyarakat,” harapnya.

Baca Juga: DPRD Nilai Lelang Jabatan Sekot Cacat Prosedur

Pangdam juga menyampaikan terimakasih kepada warga masyarakat yang dengan sukarela menyerahkan senjata tersebut.

“Saya mengimbau seluruh masyarakat untuk berani melapor apabila menemukan atau memiliki senjata ilegal dan menyerahkannya kepada aparat setempat,” imbuhnya.

Bren MK-3 merupakan senjata mesin ringan standard buatan Inggris yang saat perang dunia II digunakan oleh pasukan infanteri Inggris. Senapan ini berkaliber 7,62 mm dengan berat 10 kg.

Penyerahan senjata tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat Kodam XVI Pattimura, seperti Kasdam, Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya, Irdam, Brigjen TNI Dwi Darmadi, Kapoksahli Pangdam, Brigjen TNI Heri Sapari, serta beberapa Asisten. (S-19)