AMBON, Siwalimanews – DPRD Kota Ambon meminta Gugus Tugas pencegahan penyebaran Covid -19 Kota Ambon untuk transparan menyampaikan kepada masyarakat jumlah warga yang ditracking dan dilakukan rapid tes termasuk secara intens melakukan koordinasi dengan pemerintah Provinsi Maluku.

“Selalu melakukan koordinasi dengan Provinsi Maluku sehingga data ini harus transparan sehingga dapat menjadi informasi yang bermanfat bagi masyakarat untuk lebih memprokteksi diri lagi,” ungkap Anggota DPRD Kota Ambon, Obed Souisa, kepada Siwalima, melalui telepon selulernya, Sabtu (30/5).

Menurut politisi Partai Demokrat ini, dengan adanya data yang disampaikan oleh Gugus Tugas Kota Ambon untuk jumlah warga yang ditracking dan di rapid tes maka akan dengan mudah meng­antisipasi penyebaran virus coro­-na sehingga tidak semakin parah.

“Hal ini jika diungkapkan dengan jujur dari Gustu Kota Ambon untuk berapa jumlah warga yang dilakukan rapid tes untuk dapat diketahui oleh masyarakat sehingga pemutusan mata rantai dapat cepat teratasi jang sampai terlambat memberikan informasi juga akan menjadi masalah dalam pemutusan mata rantai virus covid-19,” tandasnya.

Ia menambahkan, bukan hanya Gustu harus transparan tetapi juga masyarakat harus terbuka dalam memberikan informasi kepada petugas bahkan seringkali juga salah satu kendala dalam melakukan tracking adalah seringkali untuk pasien covid tak mampu mengingat dengan baik riwayat perjalanan dan orang- orang yang ditemui selama 14 hari sebelumnya atau kebelakang sehingga hal ini menjadi penghambat yang paling utama dalam menentukan berapa banyak yang telah ditracking karena memiliki riwayat perjalanan dengan pasien.

Baca Juga: Jubir: Namlea Zona Merah Covid-19 di Buru

“Sangat sulit ketika pasien Covid yang sudah lupa dengan orang- orang yang ditemui selama 14 hari sebelumnya bagaimana mau mengungkapkan jika pasiennya saja lupa kalau dia bertemu dengan siapa saja waktu perjalanan,” katanya.

Ia berharap kepada masyarakat dapat mematuhi anjuran dan ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah Kota Ambon dalam mencegah virus corona, mulai membiasakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker ketika hendak keluar, jangan berkumpul ditempat-tempat keramaian  dan selalu waspada terhadap ancaman covid-19. (Mg-5)