SAUMLAKI, Siwalimanews – Komandan Posko Terpadu Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar Letkol Inf. Didik Teguh Waluyo bersama personel gabungan tim bencana kembali salurkan bantuan material berupa semen dan atap seng bagi warga terdampak di kabupaten setempat.

“Demi memulihkan bangunan warga pasca gempa, kami telah menyalurkan keseluruhan semen jenis tonasa dan atap seng kepada pihak penerima berdasarkan data yang telah diverifikasi,” ungkap Waluyo, kepada Siwalima, di Posko Utama bencana daerah, Rabu (1/2).

Dikatakan, bantuan yang disalurkan ini merupakan hari ini terakhir penyaluran dari bantuan SKK Migas dan rekanan kepada masyarakat Tanimbar yang kena dampak pasca gempa kemarin. Mengingat bantuan ini penting untuk pemulihan pasca gempa maka kami Posko terpadu penanggulangan bencana melalui personel gabungan TNI/Polri langsung mengawal ke tiap kecamatan guna memastikan pembagian sesuai dengan data penerima.

“Dapat kami laporkan, penyaluran bantuan semen dan atap seng yang akan disalurkan ke masing-masing kecamatan yang terdampak  gempa bumi  yakni Wuarlabobar 120 lembar seng dan 210 sak semen, Tanimbar Selatan 120 lembar seng dan 225 sak semen, Nirunmas 50 lembar dan 100 sak semen, Kormomolin 120 lembar seng dan 225 saksemen, sisanya untuk seng dan semen terbagi pada kecamatan lainnya” beber Waluyo.

Kata dia, dengan adanya penyaluran bantuan berupa atap seng dan semen diharapkan bagi masyarakat untuk dikelola secara baik untuk keperluan pembangunan pasca gempa kemarin.

Baca Juga: Sekda: Laksanakan Tugas Layani Masyarakat

“Kami berharap masyarakat yang sudah terima bantuan semen dan seng dapat menggunakannya untuk keperluan pemulihan pasca gempa dalam hal ini digunakan untuk membangun bangunan yang rusak, jangan untuk hal yang lain. Kebanyakan temuan di lapangan Masyarakat tidak menggunakan untuk membangun namun ada yang jual. Nah, hal ini yang harus dihindari oleh masyarakat penerima bantuan,” pintanya.(S-26)