AMBON, Siwalimanews – Hingga kini 189 calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang telah dinyatakan lolos tes tahun 2019 lalu tidak juga diaktifkan dalam pemerintahan karena Walikota Ambon Richard Louhenapessy rajin keluar daerah.

Padahal janji Pemkot Ambon CPNS tersebut diaktifkan pada bulan Maret 2021 namun hingga kini nasib mereka terkatung-katung.

“Jadi begini menyangkut 189 orang CPNS seperti yang saya jelaskan ke­marin dalam beberapa pekan ini kan, pak wali lagi urusan dinas dalam rangka pembangunan kota. Kemarin saya bicara paling tidak minggu pertama kita panggil, tapi minggu pertama bulan Maret kan pak wali lagi tugas dinas dan sampai sekarang belum kembali,” ungkap Kepala Badan Kegawaian dan Sumber daya Manusia Kota Ambon Benny Selanno kepada wartawan di ruang kerjanya.

Selanno mengaku dalam waktu dekat pihaknya segera melakukan penyerahan surat keterangan penu­gasan kepada 189 CPNS yang lolos, disertakan dengan penugasannya selaku pegawai lingkup Pemerintah Kota Ambon.

“Setelah beliau kembali, kita su­dah panggil 189 orang untuk penye­rahan SK CPNS secara resmi, dan setelah saat itu mereka mulai bertu­gas sebagai pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Ambon,” tan­dasnya.

Baca Juga: Sejumlah Tempat Usaha Dilalap Api

Ketika disinggung terkait dengan jumlah pasti CPNS yang lo­los, diri­nya mengungkapkan yang sebelum­nya diungkapkan 198 salah jumlah yang benar adalah 189 orang CPNS. “Itu cuman kesalahan kecil itu, jumlah yang benar itu 189 orang,” pungkas Selanno.

Siap Bertugas

Seperti yang diberitakan sebelum­nya, Masuk tahun anggaran 2021, 198 PNS yang lolos pada tes SKD, dan SKB akan mulai ber­aktifitas.

Hal tersebut dituturkan diung­kapkan Kepala BKD Kota Ambon Beny Se­lanno. Dirinya menuturkan, aktifi­tas para lulu­san CPNS tersebut dimulai tahun 2021. “Mereka beraktifitas Tahun depan,” kata Selano Kepada wartawan melalui te­lepon seluler, Kamis (19/11).

Diungkapkannya penerbitan Surat Keputusan para pegawai tersebut akan diturunkan langsung oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

“Nanti kita tunggu sampai ada persetujuan dolo to,” ungkapnya.

Ketika disinggung terkait dengan kesiapan para PNS tersebut, dirinya mengungkapkan mereka telah me­nye­­lesaikan proses pemberkasan, ti­nggal menunggu proses selanjut­nya. “Sudah selesai semua, 198 su­dah mendaftar ulang,” singkatnya.

Dirinya juga menambahkan, me­mang sebelumnya juga telah diumumkan kepada para calon yang tidak lolos untuk kembali mengecek kelayakan apakah alasan yang menyebabkan sampai mereka tidak lolos. Namun, sampai dengan saat ini justru tidak ada yang mendatangi BKD. (S-52)