AMBON, Siwalimanews – Walikota Ambon Richard Louhenapessy melantik Jacobus Johanis Markus Hahijary sebagai Raja Negeri Hukurila masa jabatan 2020-2026, Jumat(6/11).

Dalam sambutannya, walikota mengatakan, Negeri Hukurila di Kecamatan Leitimur Selatan, merupakan satu-satunya negeri adat di Maluku yang proses suksesi raja berlangsung dalam suasana yang damai dan kekeluargaan.

“Semua mata rumah yang ada disana mengakui, bahwa mata rumah parenta yang ada disana hanyalah mata rumah dengan marga Hahijary,” ungkap walikota.

Selain itu, pelantikan Raja Negeri Hukurila juga dinilai memiliki keistimewaan. sebab satu-satunya negeri adat yang proses suksesinya berjalan tanpa catatan, insiden, keberatan dari masyarakat.

Pasalnya, kebanyakan negeri adat yang ada di Ambon, hanya untuk posisi raja saja, antar keluarga saling ribut, bahkan antar adik-kakak juga ribut dan saling tidak menyapa.

Baca Juga: 11 Saniri Negeri Kecamatan Leitisel Dilantik

‘’Prosesi di Hukurila menjadi contoh yang baik, bahwa masih ada masyarakat adat yang menjaga tatanan sejarah adat yang diturunkan leluhurnya,’’ ucap walikota.

Kepada raja yang baru, walikota minta agar dapat membangun negeri dengan baik, dan terus mengedepankan pola-pola kekeluargaan dalam memecahkan suatu masalah dalam negeri.(Cr-5)