AMBON, Siwalimanews – Kota Ambon telah memasuki level I. Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengklaim jika turunnya level kota ini dari yang sebelumnya menduduki level II ini, dikarenakan tingkat kesadaran masyarakat yang sangat signifikan untuk pelaksanaan vaksinasi.

“Tingkat kesadaran warga kota ini sangat signifikan untuk vaksinasi. Dari target 274.194 jiwa yang harus divaksin, kita sudah 84,20 persen. Sementara untuk vaksinasi Lansia sudah diatas 60 persen. kalau untuk kualifikasi kota yang herd immunity, maka Kota Ambon sudah masuk kategori tersebut,” ungkap Louhenpessy, kepada wartawan di Ambon, Sabtu (27/11).

Katanya, melalui kesadaran ini justru tanpa disadari katanya masyarakat telah berupaya untuk memerangi penyebaran Covid-19, bersama-sama dengan Penerintah Kota Ambon (Pemkot).

“Kita bekerja bukan andalkan teknologi, ilmu, atau uang, tetapi selalu kita minta kepada Tuhan. Oleh sebab itu, kita tidak boleh sombong, karena Ambon turun ke level 1 adalah pekerjaan semua warga kota, dengan doa dari para janda yan tidak perhitungkan, doa anak yatim piatu yang kehilangan orang tua, doa dari banyak orang yang kehilangan saudaranya, dan jika  kali ini kita turun pada level 1 ini bukanlah pekerjaan yang gampang,” terangnya.

Tak hanya itu, lanjut Louhenapessy dirinya juga bersyukur lantaran sampai dengan hari ini belum ada tenaga medis (Nakes) dan dokter, di kota ini yang dikabarkan meninggal dunia lantaran terpapar Covid-19.

Baca Juga: Waspada, Varian Botswana Lebih Buruk dari Delta

“Dari sekian banyak dokter dan nakes yang mealayani di kota ini tidak satu pun dipanggil Tuhan, mereka terpapar, sembuh, dan melayani lagi, sementara di luar pada waktu puncak covid banyak dokter dan nakes  yang yang meninggal dunia,” imbuhnya.

Dirinya berharap, pemerintah, akademisi, swasta, media dan masyarakat dapat saling bersi­nergi memerangi pandemi ini, tetap menjalankan protokol meski Kota ini telah memasuki level I.

Untuk diketahui, masuknya kota ini ke level I, sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 61 Tahun 2021 tentang PPKM, dimana Kota Ambon ditetapkan masuk dalam level 1, itu artinya tingkat keterpaparan Covid-19 di kota ini sudah  sangat rendah bahkan dalam beberapa hari terakhir berada pada angka nol. (S-52)