AMBON, Siwalimanews – Kendati terdapat penambahan kasus positif, namun jumlah pasien Covid-19 di Kota Ambon yang sembuh terus meningkat. Olehnya Walikota, Richard Louhe­napessy, mengklaim Ambon ber­siap untuk keluar dari zona merah, dan masuk zona orange.

“Tingkat pertumbuhan yang terkonfirmasi beberapa hari ter­akhir ini dapat kita kendalikan dia, sehingga yang terkonfirmasi positif itu tingkat pertumbuhannya itu dia melambat, tetapi tingkat penyem­buhannya itu luar biasa sekali,” kata walikota, kepada wartawan di Balai Kota, Sabtu (19/9).

Walikota mengungkapkan, jumlah pasien sembuh setiap harinya mencapai 100 orang, sehingga ada kemungkinan Kota Ambon akan kembali memasuki zona orange seperti sebelumnya.

“Tingkat kesadaran masyarakat yang semakin positif untuk mem­proteksi dirinya. Nah, kan ini kan kalau mereka diisolasi kan kita cuman supporting saja dengan obat vitamin, lalu makan,” jelasnya.

Walikota menambahkan, tingkat kesadaran masyarakat semakin baik untuk disiplin dan mentaati protokol kesehatan. Hal ini juga karena langkah-langkah kongkrit yang diambil oleh pemerintah kota dan maupun TNI/Polri dalam operasi yustisi. “Ini semua turut berpengaruh dalam upaya untuk menekan pertumbuhan konfirmasi positif itu,” ujarnya.

Baca Juga: Ini Tiga Cara Penularan Covid Menurut PDPI

Sesuai data yang dirilis Gugu Tugas Covid-19 Maluku, hingga Minggu (20/9) jumlah kasus terkonfirmasi positif di Kota Ambon sebanyak 2.060 orang, sembuh 1.237 orang, dan meninggal dunia 28 orang. (Mg-6)