AMBON, Siwalimanews – Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengaku tepat awal tahun 2022 mendatang tim pembebasan lahan akan dibentuk guna mempercepat proses Revitalisasi Benteng Victoria.

“Januari kita sudah bentuk tim untuk pembebasan lahan. Kalau itu sudah oke, maka lanjut ke perencanaan pembangunan Kodam baru,” beber walikota, kepada wartawan, di Ambon, Minggu (12/12).

Untuk kawasannya sendiri, akuinya, akan berlokasi di kawasan Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon.

Diakuinya, setelah kunjungan yang dilakukan oleh Panglima  TNI, Andika Perkasa, 08 Desember 2021 lalu, Pangdam XVI Pattimura yang baru Mayjen TNI Bambang Ismawan, telah diperingatkan terkait peralihan aset Benteng Victoria ke Pemerintah Kota (Pemkot).

“Pihak Pemkot bertanggung jawab atas lahan baru yang harus ditempati oleh Kodam XVI Pattimura, setelah cagar budaya ini beralih kepada kita,” katanya.

Baca Juga: Pahami Manfaat dan Kewajiban Kredit

Dikatakan Louhenapessy, terkait dengan pemindahan Kodam ke Tawiri, nanti akan dibicarakan secara khusus dengan  pihak Kodam sendiri. “Untuk lahan yang dibutuhkan, sekitar 60 sampai 70 hektare. Nanti kita buat pertemuan khusus,” ujarnya.

Terkait dengan  progres Revitalisasi Benteng Victoria, Walikota mengatakan, Panglima TNI sendiri kepada Pangdam mengawal proses peralihan Benteng Victoria ke Pemkot.

Dan saat ini, lanjut Richard, terkait dengan proses revitalisasi telah memasuki tahap finalisasi atau akhir, yaitu mengkaji secara akademis tentang urgensi dari Benteng Victoria. “Sudah dikaji dengan Kemen­terian Pendidikan Dan Kebuda­yaan Melalui Direktorat Kebuda­yaan. Bahkan sudah sele­-sai, dan mereka telah memberikan yang namanya eksekutif summary,” papar Walikota.

Walikota menjelaskan, kajian tersebut merupakan kajian resmi, yang nantinya membuat Pihaknya bakal bertemu dengan  Bappenas, dan Kementerian Keuangan, untuk disampaikan.

“Kita akan ketemu dengan Bappenas dan Kementerian Keuangan, untuk menjelaskan dan menyampaikan kajian resmi ini. Dari situ nanti, baru lanjut ke tahap-tahap berikut, seperti yang saya katakan tadi, yakni pembentukan Tim Pembebasan Lahan di Januari mendatang,” ungkapnya.

Walikota menambahkan, proses revitalisasi Benteng Victoria, direncanakan tidak akan berlangsung satu kali, melainkan secara bertahap. “Akan dilakukan bertahap, sampai 2024 baru tuntas,”tandasnya.(S-52)