KUNJUNGAN Walikota Vlissingen, Bas Van Den Tillaar dan Wakil Walikota Albert Vader bersama Yayasan SSVA ke Kota Ambon menunjukan bahwa Pemerintah Vlissingen sangat menaruh perhatian bagi kota ini.

Untuk itu, Pemkot ambon berharap kerjasama Sister City atau kota bersaudara antara Ambon dan Vlissingen akan terus berlanjut.

“Atas nama Pemkot Ambon mengucapkan terima kasih atas kunjungan walikota dan wakil walikota serta rombongan. emkot mersaakan betul damak dari kerja sama Ambon-Vlisingen, ini membuktikan bahwa Vlissingen menaruh perhatian bagi kota kami,” ungkap Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, dlam jamuan makan malam bersama, di rumah jabatan Walikota Ambon, di Kawasan Karang Panjang, Sabtu (18/2).

Dijelaskan, dukungan nyata Vlissingen bagi Ambon nampak membantu pelayanan dasar di kota ini, baik di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup bahkan sanitasi dan air bersih.

“Itu semua menjadi konsern pemerintah Vlissingen  terhadap Kota Ambon,” akuinya.

Baca Juga: Negeri Rutong Minta Dukungan Pemkot  Kembangkan Ekowisata

Wattimena berharap, hubungan kerja sama  sister city akan  terus berlanjut dan meluas pada aspek lainnya.

Sementara itu, Walikota Vlissingen, Bas Van Den Tillaar mengatakan,  selama kurang lebih satu minggu berada di Kota Ambon, dirinya bersama Wakil Walikota telah mengunjungi berbagai tempat diantaranya Balai Kota, Klinik Mata AV, RS Leimena, Universitas Pattimura, Puskesmas, Pengelolaan Sampah hingga sekolah-sekolah dan Sanggar Senin.

Hasil kunjungan tersebut akan dilaporkan kepada Kedutaan Besar Belanda di Jakarta serta akan menjadi bahan diskusi dalam proyek-proyek lainnya bersama SSVA.

“Kami akan terus berdiskusi bersama SSVA, apakah ada proyek lain yang dapat dikerjakan dalam hubungan pertemanan dengan Ambon,” ujarnya.

Tilaar berharap kerja sama Sister City  antar kedua kota akan terus dilanjutkan  dalam jangka waktu yang panjang.

Senada Wakil Walikota Vlisingen Albert Vader menyampaikan bahwa dirinya paling terkesan berada di Kota Ambon dan merasakan banyak perubahan yang terjadi sejak dirinya pertama kali datang ke kota ini pada tahun 2015 lalu.

Untuk diketahui, acara jamuan makan malam tersebut turyt diha­diri oleh Forkopimda, pimpinan OPD, Direktur RSUP Johanis Lei­mena serta pimpinan Unpatti.  (S-25)