AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena mengaku, kehadiran perusahaan-perusahaan otomotif di Kota Ambon, menandakan bahwa kota ini semakin berkembang.

“Atas nama Pemerintah Kota Ambon, saya menyambut baik kehadiran perusahaan otomatif, sebab tidak mungkin membangun kota ini sendiri, semua itu butuh dukungan dan partisipasi masyarakat, termasuk dari media otomotif,” ucap walikota saat grand opening Showroom Renault, di Jalan Tulukabessy, Kota Ambon, Kamis (20/10).

Untuk itu, kata walikota, setiap ada investor yang masuk, tetap akan disambut dnegan baik, sebab dengan masuknya investor ke Ambon, menandakan bahwa, kota ini semakin baik, sehingga mereka mau berinvestasi.

Saat ini, sudah banyak dealer-dealer mobil di Kota Ambon, meski belum semuanya, namun cukup untuk kategori Ambon sebagai kota sedang, karena itu, dengan kehadiran Showroom Renault, masyarakat akan semakin mempunyai banyak pilihan.

“Kita berterima kasih kepada PT Maksindo yang mau berinvestasi di kota ini. Dengan ini, maka semakin banyak pilihan masyarakat, tetapi juga ditakutkan semakin meningkatnya kemacetan. Mengingat ruas jalan di Ambon tidak pernah bertambah, tetapi jumlah kendaraan terus bertambah, dimana 10 persen pertumbuhan kendaraan di Kota Ambon per tahunnya,” ujar walikota.

Baca Juga: Puluhan Personel Polres Bursel Jalani Tes Urin

Oleh karena itu, menurut walikota, hal ini akan menjadi tugas pemerintah mengatasi kemacetan, agar masyarakat aman dan nyaman saat berkendaraan.

Walikota juga meminta agar setiap investor yang masuk, harus mempekerjakan anak-anak daerah, tidak hanya mencari keuntungan semata oleh perusahaan tersebut, dan perusahaan ini telah berjanji, akan menggunakan pekerja lokal, sebab dirinya yakin banyak anak daerah yang handal dibidang otomotif.

“Jadi harus ada kontribusi dari perusahaan untuk masyarakat. Itu soal penyerapan tenaga kerja. Selain itu, harus ada kegiatan-kegiatan sosial yang berdampak bagi masyarakat, dan tidak untuk pribadi-pribadi, tapi untuk kepentingan masyarakat,” pintanya.

Walikota juga meminta, pihak perusahaan untuk mengedepankan sportivitas dalam berusaha agar memberikan dampak yang baik kepada pemerintah kota maupun masyarakat.(S-25)