AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Bodewin Wattimena mengajak semua pihak termasuk pemuda untuk dan dukung kerja pemerintah dalam upaya membangun kesejahteraan masyarakat di Kota Ambon.

Hal ini disampaikan walikota saat peringatan Sumpah Pemuda ke-94 yang berlangsung di Balai Kota Ambon, Jumat (28/10).

Menurutnya demi mewujudkan eksistensi bangsa melalui upaya pembangunan pemuda, maka pe­muda tidak dapat berjalan sendiri secara individual, perlu ada kola­boratif.

“Apa yang dialami Kota Ambon hari ini, bisa terselesaikan. Mari para pemuda dengan kekuatannya, kita kasih untuk Ambon, lewat peran aktifnya, lakukan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab kita. Bagaimana penyampaikan aspirasi dengan santun tanpa kekerasan,” pintanya.

Ditempat berbeda Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya juga menggelar upacara   peringati hari Sumpah Pemuda Ke-94, yang dilak­sanakan di halaman Kantor Bupati, Jumat (28/10).

Baca Juga: 18 Anggota Panwaslu Bursel Dilantik

Inspektur Upacara Wakil Bupati MBD Agustinus Kilikily yang membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan Sumpah Pemuda memberikan pelajaran bagaimana menyikapi perbedaan sikap primo­dial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

“Sejarah telah menjelaskan bah­wa, pilihan pemuda waktu itu untuk telah menjadi tonggak yang kuat menuju Kemerdekaan. Peran pe­muda dalam melopori membangun visi kebang­saan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkain pe­ngerakan-pengerakan telah meng­antarkan kepada Pro­klamasi Ke­merdekaan Indonesia,” ujarnya.

Lanjut Menpora, pemuda hari ini adalah merupakan tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan Bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

“Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nila-nilai persatuan atas segala-galanya. Memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa untuk menggapai kejayaan Indonesia,” tandasnya. (S-25)