AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena mengaku, anggaran perbaikan jalan menuju Negeri Ema di Kecamatan Leitimur Selatan.

“Kami anggarkan nanti untuk perbaikan dengan menggunakan aspal itu di tahun 2023,” janji walikota kepada warga dan Raja Ema dalam program Walikota Jumpa Rakyat (WAJAR) di Balai Kota, Jumat (21/10).

Sedangka untuk jangka pendek ini kata walikota, dirinya telah memerintahkan Dinas PUPR untuk segera menindaklanjutinya dengan menambal jalan-jalan yang berlubang terlebih dahulu agar dapat dilalui oleh warga, sambil menunggu perbaikan secara keseluruhan di tahun 2023 nanti.

“Untuk tahap awal saya telah perintahkan Kadis PUPR untuk tutup jalan-jalan yang berlubang terlebih dahulu dan ini, akan segera dilakukan,” tandas walikota.

Semenara itu Raja Negeri Ema Janse Tresia Leimena kepada Siwalimanews di Balai Kota usai mengikuti program Wajar mengaku, akses jalan menuju Negeri Ema sejak lama kondisinya rusak parah, ditambah kondisi jalan yang terjang, tentu sangat membahayakan nyawa pengguna jalan yang notabennya masyarakat setempat.

Baca Juga: 1.849 Tukang Ojek dan Nelayan di Kota Ambon Terima BLT BBM

Bahkan sering terjadinya kecelakaan belakangan ini, akibat sepanjang jalan banyak sudah berlubang, sehingga membuat masyarakat resah, namun masyarakat tetap melewatinya, sebab itu merupakan satu-satunya akses jalan dengan kendaraan menuju Negeri Ema.

“Kami berharap jalan tersebut dapat diperbaiki. Paling tidak untuk langkah jangka pendeknya, dilakukan penambalan atau penutupan lubang pada beberapa lokasi yang terdapat lubang-lubang besar, yang telah mengakibatkan kecelakaan,” ucapnya.

Menurutnya, pihak negeri sudah berulang kali menyurati pemkot namun, tapi tidak ditindaklanjuti. Oleh karena itu, dengan adanya program Wajar ini, pihaknya bersama para tokoh masyarakat datang untuk menyampaikannya langsung ke walikota apa yang menjadi aspirasi dari masyarakat Ema, dengan harapan dapat ditindaklanjuti.

Apa yang sudah disampaikan walikota tadi dengan mersponnya dengan baik, bahkan telah menganggarkan perbaikan jalan ini secara menyeluruh ditahun 2023. Untuk itu, atas nama masyarakat Negeri Ema, dirinya menyampaikan terima kasih kepada walikota dan juga Kadis PUPR.(S-25)