CLOSE AD

Wakapolda: Pelatihan Phisikologi Penting bagi Anggota Polri

AMBON, Siwalimanews – Untuk mencegah terjadinya tindakan pelanggaran disiplin maupun pidana yang dilakukan personil Polri, Polda Maluku menggelar, pelatihan phisikologi atau multilevel facilitating.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 anggota Polri dengan menghadirkan pakar phisikologi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, yang berlangsung di Manise Hotel Ambon, Rabu (4/9).

Wakapolda Maluku, Brigjen Pol. Teguh Sarwono melalui, Kabid Humas, Kombes Pol. Mohamad Roem Ohoirat  dalam rilisnya menjelaskan, pelatihan phisikologi atau Multilevel Facilitating merupakan sebuah terobosan baru yang dilakukan oleh bagian phisikologi Biro SDM Polda Maluku.

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting bagi seluruh personil Polri, khususnya Polda Maluku, sebab tantangan tugas kedepan sangat dinamis dan semakin kompleks, maka phikologis juga sangat dibutuhkan bagi setiap personil

Dikatakan, jumlah personil Polda Maluku saat ini mencapai lebih dari 4000 orang, merupakan jumlah yang cukup banyak dan sangat mungkin terjadi permasalahan-permasalahan phisikologi. Apalagi sampai berimbas pada pelaksanaan tugas kepolisan.

Kabid mengatakan, polisi dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, harus ramah, tepat, dan cepat, dengan menggutamakan kepentinagn masyarakat. Menempatkan masyarakat sebagai mitra serta memberikan kepuasan kepada masyarakat.

“Pelayanan prima bukan hanya sekedar teknis pelayanan yang dikedepankan, tetapi juga aspek phisikologi itu sangat penting. Terutama pelayanan diperlukan untuk mengenali emosi diri sendiri, emosi orang lain yang selalu dilandasi dengan empati,” ungkapnya.

Diharapkan, melalui pelatihan ini personil polri harus mampun mengendalikan diri saat menjalankan tugas sebagai pelayan, pengayom, pelindung masyarakat dan sebagai aparat penagak hukum.

Sementara itu, Kabag Phisikologi Biro SDM Polda Maluku, AKBP Sudartomo menjelaskan, pelatikan tersebut sebagai langkah strategis dalam menghadapi permasalahan phisikologi personil Polda Maluku.

Untuk diketahui, pakar phisikologi itu yakni, Prof. Johana Endang Prawitasari, dan Lucia Peppy Novianti. Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolda Maluku, Brigjen Pol, Teguh Sarwono dan sejumlah pejabat utama Polda. (S-27)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *