AMBON, Siwalimanews – Wakil Kepala Kepolisian Daerah Maluku Brigjen Jan de Fretes, menghadiri upacara peringatan HUT Korps Polairud Polri yang ke-71.

Upacara yang dilaksanakan secara virtual dan dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo ini, diikuti Wakapolda dari aula Markas Direktorat Polairud Polda Maluku di kawsan Lateri, Kota Ambon, Rabu (1/12).

“Korps Polairud adalah satuan pada polri yang memiliki kemampuan di laut dan di  udara, sebagaimana tokoh legenda wayangan kita Gatot Kaca yang unggul karena memiliki dua kemampuan yang berbeda,” kata Kapolri dalam amanatnya.

Kemampuan tersebut kata Kapolri, merupakan suatu kelebihan dari Polairud dan harus tetap menjadi yang terdepan, sebagaimana semboyan Korps Polairud Arnavat Darpamahe (karna di laut kami bangga).

Kapolri mengaku, saat ini dihadapkan dengan situasi yang tidak pasti dengan adanya varian virus covid-19 terbaru. Varian ini memiliki tingkat penularan yang sangat cepat dan ini menjadi ancaman bagi dunia.

Baca Juga: RS Bhayangkara Jadi RS Percontohan PKBRS

Apalagi, dalam menjelang peringatan Natal dan Tahun Baru yang mana perpindahan masyarakat dari suatu daerah ke daerah lain akan meningkat. Sehingga polri harus tetap meningkatkan pelaksanaan kegiatan pencegahan dengan segala upaya dan cara.

“Karna kehadiran polisi ditangan masyarakat merupakan representasi kehadiran negara, baik itu dalam kegiatan operasi khusus, bantuan SAR pada bencana dan tugas yang lainnya,” jelasnya. (S-45)