AMBON, Siwaliamnews – Hari ini, Selasa (1/9) Kepolisian Republik Indonesia, merayakan HUT Polisi Wanita ke-72.

Perayaan yang sama juga dilakukan Polda Maluku, namun tahun ini digelar secara sederhana sebagai wujud apresiasi tugas Polwan di tubuh Kepolisian Republik Indonesia.

Perayaan di tengah pandemi covid-19 ini ditandai dengan pemotongan tumpeng yang dipimpin langsung Wakapolda Maluku Brigjen Jan de Fretes di aula Rupatama Polda Maluku.

Wakapolda pada kesempatan itu mengatakan, perayan HUT Polwan tahun ini harus dimaknai sebagai momentum untuk menghormati eksistensi dan kontribusi Polwan.

“Ini adalah momentum untuk menghormati eksistensi dan kontribusi Polwan, sebagaimana sejarah dan hakikat pembentukan Polwan dalam merespon dan menjawab kebutuhan masyarakat,” ujar Wakapolda.

Baca Juga: Kelurahan Ahusen Wakili Maluku Ikut Lomba Kampung Iklim

Perayaan HUT Ke-72 Polwan tahun ini kata Wakapolda, dilaksanakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, akibat dampak dari wabah pandemi covid-19 yang sampai saat ini masih dirasakan.

Namun eksistensi Polwan sebagai salah satu elemen penting dalam mewujudkan institusi Polri yang profesional, modern, dan terpercaya tetap harus dikedepankan.

“Perayaan di tahun ini memang beda dari tahun sebelumnya, namun eksitensi Polwan dalam institusi Polri tetap terjaga. Untuk itu, pada kesempatan ini saya mengajak kita semua berdoa kepada para medis dan tenaga kesehatan yang saat ini sedang berjibaku melawan pandemi, juga  seluruh personel TNI-Polri yang saat ini sementara melaksanakan tugas untuk menertibkan perilaku masyarakat sesuai protokol kesehatan,” pintanya.

Tak lupa Wakapolda memberikan apresiasi dan ungkapan terima kasi terhadap, Ketua Bhayangkari Daerah Maluku selaku Ibu Asuh Polwan, atas upayanya meluangkan waktu,  tenaga, pikiran dan gagasan, dalam membina Polwan Polda Maluku. (S-45)