AMBON, Siwalimanews – Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Maluku Didi Supriadi bersama Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) Petrus Fatlolon meninjau pelaksanaan serbuan vaksinasi Covid-19 yang berlangsung di Pasar Baru Omele, Saumlaki, Senin (27/12).

Vaksinasi massal itu digelar atas kerjasama Pemkab Kepulauan Tanimbar bersama Kejaksaan untuk memenuhi target 70 persen warga di kabupaten tersebut terutama bagi mereka yang telah telah mengikuti vaksinasi dosis pertama.

Vaksinasi juga dirangkai dengan penyaluran bantuan sembako kepada warga yang mengikuti vaksinasi di lokasi tersebut.

Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon, mengatakan Program Serbuan Vaksinasi ini digelar sebagai bentuk dari pelaksanaan perintah Presiden RI Joko Widodo, melalui Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, kepada para Gubernur, Bupati, Walikota, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tertanggal 24 Desember 2021 di Ambon.

“Hari ini, kegiatan vaksinasi kita mulai dengan disaksikan dan dihadiri langsung oleh Wakajati Maluku, Didi Supriadi,” ungkap Fatlolon kepada wartawan.

Baca Juga: Pemkot Kembali Terima Predikat Kepatuhan Tinggi Ombudsman

Untuk itu, Bupati KKT itu menjelaskan, kepada masyarakat yang menerima vaksin pertama, akan diberikan bantuan beras dan sembako dari Kejati Maluku.

“Mari ikut vaksinasi dengan baik dalam upaya untuk memutus mata rantai dan dan mencegah peneyebaran Covid-19 di KKT dan Maluku,” himbaunya.

Sementara itu, Wakajati Didi mengatakan kegiatan vaksinasi ini merupakan  salah satu upaya mengurangi penyebaran virus corona yang kini masih menghantui masyarakat. Pada prinsipnya, kata dia,  pemerintah menginginkan agar masyarakatnya tetap hidup sehat.

Ia juga mengimbau untuk tidak percaya pada berita-berita yang tidak benar [hoaks], yang menyesatkan, terkait vaksin.

“Beri tahu kepada masyarakat siapa saja agar dapat  divaksin. Dimulai dari  keluarga sendiri. Yakinlah vaksin ini sehat, kalau sehat, maka ekonomi membaik. Semoga di tahun 2022 warga KKT lebih sehat, ekonominya makin membaik,” katanya.

Untuk diketahui, sampai saat ini dari total penerima vaksin 93.314 orang di KKT yang sudah tervaksin capai 61 persen. Masih tersisa 7000-an warga yang be­lum mengikuti vaksinasi Covid-19.

Upaya vaksinasi terus dilakukan Pemkab Kepualauan Tanimbar bersama sejumlah instansi untuk mencapai target herd immunity yang ditetapkan  harus tercapai pada 31 Desember 2021, sesuai target yang diberikan Pemerintah Pusat. (S-16)