AMBON, Siwalimanews – Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno dan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Rabu (28/10) menghadiri puncak acara Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-92 tahun 2020, yang digelar Kemenpora secara virtual melalui video conference di Lantai VII Kantor Gubernur Maluku.

Selain Wagub, peringatan HSP juga turut dihadiri Forkopimda Maluku diantaranya, Kapolda Irjen Burhanuddin Djafar, Danlanud Pattimura Kol Pnb Sapuan, Rektor Unpatti MJ Sapteno, Kadis Pemuda dan Olahraga Sandi Wattimena dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemprov Maluku, unsur pemuda dan OKP.

Momentum peringatan  HSP Tahun 2020 ini dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri Menteri Kabinet Indonesia Maju dan para Gubernur se-Indonesia.

Presiden dalam sambutannya mengatakan, peristiwa sumpah pemuda yang sangat bersejarah diharapkan membawa energi positif dalam mempersatukan bangsa.

“Sumpah Pemuda justru membawa energi positif yang menyatukan persaingan dan perbedaan, tidak harus membuat kita melupakan adanya masalah-masalah besar, kepentingan-kepentingan besar maupun tujuan-tujuan bersama, yang semuanya bisa kita selesaikan dengan cara bersatu dan bekerja sama,” ujar Presiden.

Baca Juga: M1R Ajak Pemuda Bangun Maluku

Bersatu dan bekerja sama adalah kunci untuk mencapai Indonesia maju. Untuk itu, upaya-upaya  menjaga persatuan harus terus dilakukan.

“Menjadi Indonesia tidak cukup hanya dengan menjadi bagian dari wilayah Indonesia. Kita harus bekerjasama merawat Keindonesiaan,” ingatnya.

Keindonesiaan tersebut, menurut Presiden, harus selalu dijaga dengan semangat solidaritàs dan rasa persaudaraan.

“Kita harus saling membantu satu sama lain dalam semangat solidaritas. Tidak ada Jawa, tidak ada Sumatera, tidak ada Sulawesi, tidak ada Papua. Yang ada adalah saudara sebangsa dan setanah air,” himbau Presiden.

Presiden juga menekankan, persatuan harus terus diperjuangkan dengan menghargai perbedaan, menjaga toleransi serta menjaga keutuhan kedaulatan NKRI.

Untuk mewujudkan Indonesia yang satu, seluruh komponen bangsa harus bekerja sama membangun Indonesia secara adil dan merata, membangun Indonesia sentris dengan membangun dari pinggiran, desa, pulau terdepan, hingga perbatasan.

” Kita juga membangun infrastruktur yang memudahkan konektivitas antar antar wilayah, antar pulau, untuk mempersatukan Indonesia. Dengan pembangunan yang merata dan berkeadilan, maka masyarakat Papua, masyarakat Aceh, dan masyarakat Indonesia di berbagai wilayah merasa menjadi bagian dari Indonesia, merasa memiliki Indonesia, serta ikut berkontribusi untuk memajukan Indonesia,” tandas Presiden.

Sementara itu usai peringatan HSP, kepada wartawan Wagub mengajak seluruh pemuda dan pemudi Maluku untuk bersatu membangun Maluku

“Saya mengajak kepada seluruh pemuda dan pemudi Maluku mari gandeng tangan bangun Maluku yang lebih baik kedepan,” ajak Wagub. (S-39)