AMBON, Siwalimanews – Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Alumni Unpatti,  menggelar rapat kerja nasional perdana sekaligus membahas program kerja tahun 2021-2025.

Rakernas berlangsung di auditorium Unpatti, Jumat, (25/6) dengan tema “Solidaritas dan Optimalisasi Sumber Daya IKAPATTI untuk Membangun Negeri, dibuka oleh Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno,

Wagub dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan rakernas dapat dimanfaatkan sebagai momentum strategis dan menjadi wadah bagi para alumni Unpatti untuk menyatukan tekad dan semangat dalam meningkatkan peran organisasi terhadap kemajuan Maluku.

“Pemerintah saat ini terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengurangi angka kemiskinan serta menjaga dan mengelola potensi SDA yang dilakukan secara bertahap, sesuai visi pembangunan,” ujar Wagub.

Baca Juga: Mahasiswa Batabual Minta Kejati Ambil Alih Kasus Proyek Lampu Jalan

Manurutnya, dalam upaya mewujudkan visi tersebut, pemerintah harus bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan, serta memanfaatkan berbagai potensi SDM  Maluku, termasuk IKAPATTI.

Wagub juga mengaku, optimis dengan peran yang akan diemban DPP IKAPATTI, mengingat potensi alumninya telah diakui dan berhasil menduduki jabatan strategis di lembaga pemerintahan pusat maupun daerah, demikian juga pada dunia usaha dan swasta.

“Dengan demikian, saya minta dukungan dari alumni Unpatti melalui DPP IKAPATTI untuk mendukung sepenuhnya langkah dan upaya yang dilakukan oleh pemda, termasuk menyiapkan dan membangun kekuatan SDM alumni dan civitas akademika Unpatti,” pinta Wagub.

Sementara itu, Ketua DPP IKAPATTI Muhamat Marasabessy mengaku, Rakernas ini, akan menjadi momentum kebangkitan IKAPATTI di Indonesia.

Menurutnya, sebagai alumni terbesar di Maluku, pihaknya siap menjadi lokomotif perubahan pada daerah dan memberikan kontribusi pemikiran serta bekerja sama dengan pemerintah maupun swasta dalam berbagai bidang.

“Munculnya IKAPATTI akan menjadi kekuatan bergaining buat Maluku dalam menjawab berbagai tantangan global di Indonesia,” katanya.

Pada kesempatan itu juga, Wagub mewakili IKAPATTI menyerahkan sumbangan kepada Masjid Gimelaha Majira Unpatti sebesar Rp 25 juta. (S-39)