RAPAT Terbuka  Luar B iasa Senat Universitas Patti­mura kembali  dilaksana­kan dalam rangka Wisuda Sarjana, Profesi, Magister, Doktor dan Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU).

Kegiatan ini diikuti secara daring oleh civitas akademika PSDKU Kabupaten Maluku Barat Daya dan dihadiri  oleh Wakil Bupati Maluku Barat Daya,  Agustinus L. Kilikily, bertempat di Ruang Serbagu­na Tiakur, Senin (5/9).

Turut Hadir Ketua DPRD Kabu­paten MBD, Dandim 1511 Pulau Moa, Kajari MBD, Perwakilan Polres MBD, Sekretaris Daerah Kabupaten MBD, Para Asisten, Pimpinan OPD,  Ketua dan Sekretaris PSDKU, para Wisudawan serta undangan lainnya.

Tanwey Gerson Ratumanan, selaku Sekretaris PSDKU dalam laporannya mengatakan, pada wisuda periode kedua PSDKU Tahun 2022, terdapat  31 lulusan S1 yang berasal dari 6 Program Studi  dan 1 orang lulusan S2 dari Program Studi  Matematika.

Ratumanan menambahkan, upaya Universitas Pattimura memberikan kontribusi bagi pengembangan daerah  di wilayah Maluku Barat Daya dan Kepulauan Aru tetap menjadi prioritas.

Baca Juga: Ribuan ASN Berdoa Bersama Bagi Kota Ambon

“Tahun ini untuk Kabupaten Maluku Barat Daya telah siap untuk menjalankan Program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang salah satu kegiatannya adalah asistensi mengajar. Melalui program ini  mahasiswa PSDKU akan selama satu semester penuh  tidak akan berada di kampus tetapi mereka dapat melakukan tindakan peng­abdian untuk menjadi guru di se­kolah-sekolah terpencil selama 6 bulan dan dihargai dengan 20 SKS “ ujar Ratumanan.

Dikatakan, ini merupakan salah satu jalan yang untuk mengatasi kekurangan guru untuk wilayah terpencil dan daerah perbatasan seperti Kabupaten Maluku Barat Daya.

Sementara itu Wakil Bupati Ma­luku Barat Daya dalam sambut­annya mengatakan, dengan mem­pertim­bangkan kondisi wilayah, sosial dan ekonomi maka Pemerintah Daerah Maluku Barat Daya, memper­juangkan dan memprioritaskan peningkatan Sumber Daya Manusia di Wilayah Maluku Barat Daya melalui kerjasama dengan Universitas Pattimura untuk menghadirkan sebuah perguruan tinggi di kabu­paten Maluku Barat Daya yakni melalui PSDKU Kabupaten Maluku Barat Daya.

“Dengan adanya PSDKU di Wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya sangat membantu membuka akses pendidikan di perguruan tinggi bagi anak-anak Maluku Barat Daya yang ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan tinggi namun dibatasi dengan keuangan yang  minim dan golongan ekonomi lemah. Hadirnya PSDKU membe­rikan dampak yang positif bagi peningkatan SDM untuk mendu­kung pengembangan pembangunan di Kabupaten Maluku Barat Daya,” kata Wakil Bupati

Menurutnya, bukan hanya ijasah yang dikejar akan tetapi yang terpenting adalah penguasaan ilmu dan teknologi sehingga dapat diapli­kasikan dalam dunia kerja. Acara ini  akan menjadi perjalanan akhir dari perjuangan beberapa tahun dari wisudawan dan wisudawati untuk memperoleh sejumlah ilmu penge­tahuan dan teknologi sebagai bekal dimasa depan.

Diakhir sambutanya Wakil Bupati berharap  kepada para lulusan PS­DKU yang di wisudaa adalah dapat menjadi orang-orang yang berkua­li­tas yang dapat menciptakan inova­si-inovasi baru untuk  kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Maluku Barat Daya. (S-08)