Wakil Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Idris Rumalutur, berharap kepada pemerintah negeri maupun negeri administratif untuk selalu mensosialisasikan pentingnya melakukan vaksin.

Menurutnya, pemerintah kabu­paten butuh keterlibatan semua pihak, termasuk pemerintah diba­wahnya.

“Saya berharap agar pemerintah negeri maupun negeri administratif untuk selalu mensosialisasikan pentingnya melakukan vaksin, karena pemerintah daerah butuh kerja sama semua pihak,” ungkap Rumalutur, melalui rilis, yang diterima Siwalima, Sabtu (29/1).

Pantauan vaksinasi yang meli­batkan unsur Forkopimda ini guna memastikan target 70 persen masyarakat SBT melaksanakan vaksinasi.

Dikatakan, vaksinasi yang dila­kukan saat ini sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional termasuk perekonomian di kabu­paten. “Vaksinasi yang dilakukan saat ini sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19 dan pemu­lihan ekonomi nasional termasuk perekonomian di kabupaten,” ungkapnya.

Baca Juga: Sangkala Desak Polisi Atasi Penyebaran Hoax

Selain itu, Rumalutur menyam­paikan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada masyarakat yang telah antusias ikut melaksanakan vaksin yang di dilaksanakan oleh Pemda Forkopimda SBT dalam menekan laju penularan Covid-19 dengan melaksanakan serbuan vaksinasi di wilayah Seram Bagian Timur.

“Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang tergabung dalam Forkopimda SBT, ini sinergitas dan kolaborasi guna pencegahan dan percepatan dalam menumbuhkan herd immunity penanggulangan Covid-19,” ungkapnya.

Tak lepas dari harapan kepada pemerintah desa, Rumalutur juga berharap agar kegiatan serbuan vaksinasi ini tidak hanya melibatkan pemerintah daerah saja, namun ia meminta pula dukungan dari semua pihak dengan melibatkan unsur PKK, Dasawisma hingga berbagai elemen masyarakat. Dengan harapan agar capaian vaksinasi dapat terwujud di Kabupaten SBT sesuai target 70 Persen, sehingga Pemda SBT akan terus menyelenggarakan vaksinasi pada sentra – sentra yang telah disediakan, baik di lingkungan warga, bahkan di lingkungan akademis.

“Yang terpenting saat ini kita harus terus tingkatkan kolaborasi demi keselamatan kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan, untuk mencegah penularan tersebut maka ada dua cara yang sangat penting yakni pertama harus kepatuhan protokol kesehatan dan yang kedua harus ikut vaksinasi.

“Kita harus patuh protokol kesehatan dan harus melaksanakan vaksin,” himbau Rumalutur.

Sebagai pesan terpenting kepada masyarakat yang sudah divaksin, Wabup SBT mengharapkan agar masyarakat tetap menggunakan masker apabila beraktivitas di luar rumah dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Untuk diketahui, vaksin ini upaya Dinas Kesehatan SBT bersama TNI/Polri dalam membantu pemerintah pusat dan daerah guna mempercepat vaksinasi warga masyarakat dalam mendapatkan vaksin sampai ke lokasi terdekat permukiman. (S-47)