AMBON, Siwalimanews – Mantan Bupati SBT, Abdullah Vanath dan istrinya Rohani Vanath menyampaikan selamat atas kemenangan Ab­dul Mukti Keliobas-Idris Rumalutur  pada pilkada Rabu (9/12).

Abdullah Vanath yang menjadi Mentor Tim Kreatif bagi pasa­ngan Rohani Vanath dan Muhamad Ramly Mahu (Nina Ramah) menyampaikan selamat kepada pasangan dengan akronim ADIL ini dalam akun facebook pri­badinya. Begitupun dengan istri­nya, Rohani.

Pada laman facebook milik Abdul­lah Vanath tertulis, perjuangan pasa­ngan Nina Ramah adalah memberi­kan pilihan alternatif kepada rakyat SBT. Pada tanggal 9 Desember 2020 merupakan waktu dimana rakyat SBT memutuskan pilihannya.

“Apapun alasan dibalik pilihan itu, faktanya pasangan Adil Bpk Abdul Mukti Keliobas dan Bpk Idris Rumalutur menjadi pilihan terba­nyak rakyat SBT,” tulis Vanath.

Vanath juga menulis, pasangan Nina Ramah memilih cara elegan dan jujur untuk mengumumkan hasil pilkada agar rakyat SBT khususnya pendukung Nina Ramah menda­patkan kepastian dari hasil per­juangan mereka selama 1 tahun lebih.

Baca Juga: Jaksa Harus Segera Lelang Aset Heintje

“Karena Rakyat SBT punya hak untuk mendapatkan informasi yang benar dari orang-orang yang mereka tokohkan. Itulah cara Hj Rohani Vanath dan Muhamad Ramly Mahu menyelamatkan masyarakat SBT,” tulis Vanath lagi.

Sementara pada akun facebook miliknya, Rohani Vanath juga me­nyampaikan terima kasih kepada para pendukungnya dan meminta me­reka tak perlu larut dalam kesedihan.

“Buat semua pendukung, simpa­tisan dan relawan Nina Ramah, ja­ngan larut dalam kesedihan ya, pesta demokrasi telah usai tentunya se­lama berproses butuh energi yang luar biasa, capek ngantuk tahan lapar dan sebaginya, krn itu semua adalah perjuangan. Ada menang dan kalah, yang kalah jangan kecil hati dan yang menang jangan mengucilkan yang kalah, karena semua adalah saudara satu negeri,” tulis Rohani.

Rohani Vanath yang akrab disapa Any ini juga menyampaikan terima kasih kepada semua tim serta pen­dukungnya atas dedikasi serta usaha dan semangat mereka yang tanpa mengenal lelah dan ikhlas berjuang.

“Mari berbenah diri, songsong hari esok yg lebih baik. Jika selama pesta demokrasi ada salah ucap dan tinda­kan, jangan simpan di hati. Politik bukanlah arena yang netral. Selamat buat Bupati dan Wakil Bupati SBT yang baru terpilih, bpk Mukti Kelio­bas dan bpk Idris Rumalutur, katong samua pung bupati dan wakil bupati,” tulis Rohani. (S-39)

Terima Kemenangan ADIL

Pasangan dari jalur independen, Nina-Ramah legowo mengakui kemenangan ADIL.

Melalui siaran langsung di media sosial facebook, Rabu (9/12), Ketua Tim Kreatif  Nina-Ramah Risky Damarwulan menyampaikan hasil hitung cepat yang dilakukan tim ini.

Risky menyampaikan, sesuai hi­tung cepat yang dilakukan tim data, perolehan suara yang masuk dari 15 kecamatan tercatat, angka partisi­pasi pemilih di Pilkada SBT hanya mencapai 54 persen dari total DPT sebanyak 92 ribu lebih.

“Partisipasi pemilih di pilkada 2020 ini hanya capai 55 ribu atau 54 persen, sesuai dengan data yang ada pada kami yang sementara di­olah,” ungkapnya.

Sementara dari hasil perolehan suara yang berhasil direkap dari 15 kecamatan, kata Risky  telah men­capai 48,36% atau ada pada kisaran 46.580 suara. Dimana pasangan Nina-Ramah meraih 13,93 persen, FAHAM 15,05 persen dan pasangan ADIL 19,38 persen.

Dengan demikian, hampir dipasti­kan perolehan suara dari pasangan ADIL sudah tidak bisa terkejar lagi.

“Kami dari paslon Nina-Ramah dapat pastikan hasil ini sudah tidak bisa berubah, kalau pun berubah hanya bergeser saja angkanya, sebab perolehan suara yang diraih paslon ADIL sudah tidak bisa terkejar lagi,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Rohani Vanath ikut menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua tim di 15 kecamatan yang masih bekerja mengumpulkan data C1 KWK.

“Ini sangat luar biasa, tim kita sangat luar biasa, baik itu relawan, pendukung dan tokoh-tokoh perem­puan semua bekerja luar biasa. Kita mampu buat sejarah baru di Pilkada SBT dengan tampil di jalur independen,” tandas Rohani.

Pada kesempatan itu, Rohani juga minta semua tim dan pendukung untuk tetap menjaga ketertiban dan keamanan pasca pilkada, bahkan dirinya minta agar semua warga tetap bersatu dan menjalin silaturahim antar sesama.

“Pintu saya selalu terbuka, bagi siapa saja yang ingin bertemu, saya selalu ada bersama suami saya. Jika saya tak ada di rumah, mungkin saya berada di kebun,” ujarnya. (S-47)