PIRU, Siwalimanews – Kepala Bagian Operasi Polres SBB Kompol M Musaat mengaku, vaksinasi di Kecamatan Huamual, Kabupateen Seram Bagian Barat (SBB) hingga saat ini baru mencapai 57 persen.

“Vaksinasi di wilayah Huamual saat masih sangat rendah. Namun atas kerja keras Polres SBB, maka masyarakat dapat mengikutinya dan kini bisa mencapai angka 57 persen,” ungkap Musaat kepada Siwalimanews, di ruang kerjanya, Rabu (2/1).

Ia mengaku, pencapaian 57 persen vaksinasi di Huamual ini dengan dosis pertama menggunakan vaksin Sinovac, sehingga masyarakat yang sudah divaksin bisa mencapai 15 ribu orang, dan kini tinggal 11.813  dosis pertama untuk mencapai 100 persen.

“Apa bila dosis pertama berhasil, maka dosis kedua lebih meningkat lagi, karena masyarakat sudah paham dan tidak takut lagi untuk divaksin,” ujarnya.

Dengan angka ini kata Musaat, maka Kecamatan Huamual menjadi penyubang angka vaksinasi terbesar di Kabupaten SBB, jika dilihat dari data penduduk.

Baca Juga: Foto Kapolsek Haruku di Konflik Ori-Kariu Viral, Ini Penjelasan Polda Maluku

Serbuan vajsinasi ini, dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19 di Bumi Saka Mese Nusa. Untuk itu, Polres SBB terus melakukan vaksinasi disetiap kecamatan, desa hingga dusun.

Vaksinasi ini, merupakan program nasional untuk mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 di Indonesia, salah satunya di SBB. Kegiatan ini juga akan menjadi agenda yang dilaksanakan Polres bersama pemda.

“Selain vaksin ke masyarakat, kami juga sosialisasi ke masyarakat, agar mereka tidak takut untuk divaksin,” ucap Musaat.

Menurutnya, untuk mengetahui masyarakat, yang sudah divaksin atau belum, Polres juga melakukam sweeping kartu vaksin, dan bagi yang kedapatan tidak memliki kartu vaksin, langsung diarahkan untuk divaksin. (S-18)