DOBO, Siwalimanews – Uskup Amboina, Mgr. Seno Ngutra  dengan melakukan kunjungan kerja ke Kota Dobo, Kepulauan Aru, Kamis (2/6)

Kedatangan Uskup dan ketua sinodre disambut oleh Bupati Johan Gonga, Wabup Muin Sogalrey, dan para pimpinan forkopimda.

Sementara, dari pantauan Siwalima, ribuan umat, baik Katolik, Protestan, Islam dan lainnya berbondong-bondong menyambut mulai dari bandara hingga ke rumah Uskup.

Bahkan, rombongan disambut dengan berbagai tarian khas Aru, tarian etnis NTT dan Marcin band SMP dan SMA Yos Sudarso Dobo mengiringi jalan kaki dengan kora-kora dari depan gereja Eden ke rumah uskup dengan jarak kurang lebih satu kilometer.

Uskup Amboina, MGR. Seno Ngutra tiba di bandara Rar Gwamar Dobo sekitar pukul, 09.45 wit bersama Ketua Sinode GPM, pendeta Elifas Maspaitella, Ketua MUI Maluku, ketua Walubi Maluku dan rombongan lainnya.

Baca Juga: OPD Pemkot Paparkan Penyerapan Anggaran

Setelah beberapa menit istirahat di ruang VIP bandara, Uskup bersama rombongan melakukan kunjungan ke Gereja Santo Josep dan lanjut ke gereja Eden Jemat GPM Dobo.

Di gereja Eden inilah, Uskup Amboina didoakan oleh ketua majelis jemaat Dobo, pendeta Jacob Lokolo dan mendapat topangan pemberkatan, begitu sebaliknya, ketika dirinya diberikan waktu untuk menyampaikan satu dua kata, dirinya mendoakan seluruh pendeta dan perangkat pelayanan agar tetap menjalankan tugas dan panggilan di kebun anggur dengan suka cita.

Pada kesempatan tersebut, Uskup Amboina berharap dan berdoa pertama kehadiran dirinya menjadi berita gembira bagi anda semua tapi terutama bagi seluruh umat dan masyarakat di tanah Jargaria.

“Berbicara soal toleransi hidup satu darah dengan yang lain-lain, saya mau bilang sedikit, bahwa nenek dari bapa saya GPM, sementara saudara dari mama saya semua Islam, jadi saya berada dimana saja semuanya senang aman damai dengan penuh toleransi,” kata Uskup.

Dirinya mengaku kenapa kedatangan ke semua wilayah harus mengundang para tokoh agama ini supaya berjalan bersama-sama.

“Saya punya niat cita-cita bahwa kalau misalnya kami para pemimpin agama ketika jemaat melihat kami aman-aman saja damai itu ada, maka harusnya itu juga menyebarkan bagi seluruh umat dan masyarakat hingga akar rumput,” ujarnya.

Selain itu, dirinya telah membuat program kegiatan anak lintas agama, karena senang dengan dunia anak-anak. Dimana mereka datang mereka bernyanyi bergembira dan tanpa bertanya kau dari agama apa dari gereja apa yang ada adalah kegembiraan karena itu ini menjadi dua program yang nanti ke depan.

“Saya sudah berbicara dan ketua Sinode, Ketua MUI dan tokoh-tokoh agama lain maupun kader lainnya,” jelasnya.

Usai dari Gereja Eden, Uskup bersama rombongan melanjutkan perjalanan ke Seminari Menengah Santo Petrus Rasul dan memberi pemberkatan, selanjutnya menuju rumah Uskup untuk istirahat dan makan siang.

Dari rumah Uskup, Uskup Amboina bersama rombongan menuju Masjid Raya Dobo dan dilanjutkan pemberkatan di semua rukun yang ada dalam Kota Dobo dan sekitarnya. (S-11)