DOBO, Siwalimanews – Upaya pencegahan penyebaran virus corona, pihak UPP kelas III Dobo bersama Dinas Kesehatan KP3 dan Lanal Aru lakukan thermal scan kepada penumpang yang turun di Pelabuhan Yos Sudarso Dobo.

Hal tersebut disampaikan Kepala UPP Pelabuhan kelas III Yos Sudarso Dobo, Muhammad Amali Katjo, ketika di konfirmasi wartawan, Selasa (17/3) di ruang kerjanya.

Dikatakan, kegiatan ini berdasarkan Surat Edaran Kemenhub terkait dengan virus Corona, maka selaku petugas pelabuhan melakukan kegiatan pencegahan masing bersama dengan tim Puskemas Dobo, KP3 dan TNI Al.

“Thermal scan dilakukan bagi seluruh penumpang baik penumpang yang turun maupun yang naik,” ujarnya.

Kegiatan ini menjadi kegiatan rutin untuk setiap kapal penumpang yang singgah di Pelabuhan Dobo.

Untuk operasi tadi pagi terdapat salah seorang penumpang yang ketika lakukan pemeriksaan menggunakan thermal scan di ketahui suhu tubuhnya melebihi 37 derajat Celcius, namun ketika di kroscek ternyata yang bersangkuta sakit (Struk).

Selain itu, jumlah penumpang yang turun di pelabuhan Dobo dari KM Ngapulu berjumlah 580 orang dan yang naik tujuan pelabuhan Kainama dan pelabuhan Fak-Fak berjumlah 28 orang penumpang.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Siwalima di pelabuhan Yos Sudarso Dobo, terlihat semua penumpang yang turun (keluar) tidak satupun lolos dari proses thermal scan petugas kesehatan, begitu pun bagi penumpang yang naik.

Bukan saja penumpang, tetapi para buru bagasi juga tidak lolos dari thermal scan petugas. (S-25)