AMBON, Siwalimanews – Universitas Darusalam (Unidar) Ambon menelorkan 115 wisudawan periode tahun 2022, dalam Rapat Senat Terbuka Luar Biasa, yang berlangsung di The Natsepa Hotel Ambon, Kamis (29/12).

Rektor Universitas Darusalam Ambon, Muhammad Riadh Uluputty sempat menangis saat menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Rektor Universitas Pattimura Ambon, yang telah memberikan bantuan tenaga pendidik serta bantuan fasilitas pendukung pembelajaran pada beberapa program studi juga kepada Politeknik Negeri Ambon dalam fasilitasi pelaksanaan praktikum mahasiswa Darusalam Ambon, serta  kepada Pembina, Pengurus dan Pengawas Yayasan Darusalam Ambon serta jajaran, atas dukungannya secara terus menerus kepada pengelolaan dan pengembangan Unidar Ambon, atas dukungan dan segala upaya yang dilakukan untuk kemajuan Unidar Ambon.

“Kepada para wisudawan/wisudawati,  selamat atas keberhasilannya dalam menempuh pendidikan di Unidar Ambon. Selamat mengabdikan diri dalam kehidupan bermasyarakat. Didalam masyarakat nanti, saudara-saudari akan mendapatkan ujian yang sesungguhnya sesuai dengan bidang kompetensi keilmuan kalian, semoga kehadiran kalian ditengah-tengah masyarakat, dapat memberikan manfaat, kebaikan dan kesejukan bagi siapapun dan di manapun kalian berbakti dan berkarya,” ungkap Rektor.

menurutnya, ini prestasi yang membanggakan, terutama bagi citivitas akademika Unidar Ambon dan sampai hari ini menjabat sebagai Presiden Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih masa bakti 2021-2023 dibawah pembinaan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

“Saya berharap, para lulusan yang telah dibekali dengan sejumlah ilmu pengetahuan  keterampilan dan budi pekerti yang baik itu, dapat diintegrasikan dan diimplementasikan dalam lingkungan masyarakat, untuk kemudian dapat menciptakan kesempatan kerja, mampu berkompetisi secara sehat dan berinovasi dalam merumuskan pikiran-pikiran cerdas dan bijak untuk dapat memecahkan permasalahan didalam masyarakat serta menjadi tangguh dalam bidangnya, senantiasa rendah hati dan berakhlak karimah,” pintanya.

Dijelaskan, saat ini Unidar Ambon memiliki 7 fakultas dengan 14 program studi dan terakreditasi dengan predikat baik sekali, dan berdasarkan reputasi kinerja penelitian dan dampak edukasi terhadap alumninya  maka pada Tahun 2022 ini, EduRang menempatkan Universitas Darussalam Ambon pada peringkat kedua perguruan tinggi terbaik dalam wilayah Kota Ambon, Provinsi Maluku. Sementara pada tingkat nasional, Unidar berada pada peringkat 122 dari 3.975 perguruan tinggi di Indonesia, dimana jumlah PTS sebanyak 3.792 dan PTN 183 institusi. Hal ini mengandung makna, bahwa peringkat Unidar masih lebih baik dari 61 PTN dan ribuan PTS lainnya di Indonesia.

“Dari 14 program studi yang ada, semuanya telah terakreditasi sesuai hasil penilaian BAN-PT, dimana terdapat 8 program studi yang telah terakreditasi B, yaitu Prodi manajemen, Agroteknologi, Ilmu Administrasi Negara, ilmu Pemerintahan, ilmu Hukum, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika dan Manajemen Sumber Daya Perairan,”ujar Rektor.Dengan itu, pihaknya berharap Unidar akan lebih maju, berkembang dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan bangsa ini,” bebernya.

Sementara itu, Ketua I Yayasan Darussalam Maluku, H Jusuf Idrus Tatuhey juga memberikan apresiasi terhadap terlaksananya kegiatan tersebut.

Dia juga berterima kasih kepada Universitas Darussalam Ambon, dalam memberikan pelayanan yang Paripurna bagi masyarakat Maluku atas pendidikan tinggi di daerah ini, demi diwujudkan terlaksananya Tri Dharma perguruan tinggi.

“Saya juga mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor beserta civitas akademika Unidar Ambon atas pencapaian akreditasi institusi dengan predikat baik sekali itu. Semoga pencapaian ini tetap dipertahankan sambil melakukan perbaikan secara terus-menerus, sehingga kualitas Tri Dharma pendidikan tinggi dan institusi ini, dapat ditingkatkan lebih baiknya lagi,” tandasnya.

Untuk diketahui, 115 lulusan yang diwisudakan, berasal dari 7 fakultas pada 13 program studi Universitas Darussalam Ambon. 7 wisudawan diantaranya, adalah lulusan terbaik Darussalam Ambon, yang mana salah satunya yakni Nurabia Tuasikal, lulusan dengan predikat cumlaude dari program studi Kehutanan Fakultas Pertanian dan Kehutanan. Dan prestasi lain yang pernah diraih, antara lain pada tingkat regional Maluku dan Maluku Utara juara 1 sebagai mahasiswa berprestasi dan juara harapan 1 pada National University Debating Championship. (S-25)