AMBON, Siwalimanews – Setelah kurang lebih lima bulan berproses, akhirnya Universitas Darusalam Ambon, berhasil meraih akreditasi dengan predikat baik sekali.

Rektor Unidar Ambon Muhammad Riadh Uluputty menjelaskan, upaya yang dilakukan sehingga hasil asesmen lapangan akreditasi bagi Unidar Ambon mendapatkan predikat baik sekali dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), sesuai SK Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No. 1637/SK/BAN-PT/AK/PT/X/2022.

“Saya sampaikan terima kasih dan apersiasinya, terutama bagi Tim Akreditasi Institusi Unidar Ambon, Ketua Ika Alumni Unidar Ambon, beserta seluruh pengurusnya, Presma dan BEM sejajaran dan stakeholder, atas kerja keras bersama serta doa dan dukungan semua, Unidar dapat berhasil meraih Akreditasi tersebut,” ucap Uluputty kepada wartawan di Ambon, Kamis (13/10).

Nilai Akreditasi ini kata Uluputty, merupakan Rahmat yang perlu disyukuri, karena disaat Unidar baru kembali memulai untuk bangkit dan mengembangkan diri pasca konflik internal, mendapat kado yang terindah ini.

Baca Juga: Usai Verifikasi, DPRD Panggil Direktur RSUD Haulussy

Untuk itu, ia meminta seluruh warga kampus Unidar, untuk lebih giat dan aktif terlibat dalam semua aktivitas akademik, baik di kampus, maupun lewat kegiatan-kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh Kemendikbudristek, dan lembaga-lembaga pemerintah lainnya, serta pihak swasta.

“Sekarang tugas kita, bagaimana mempertahankan nilai ini, bahkan dalam waktu 5 tahun kedepan kita bisa naikan gradenya menjadi unggul. Hal ini, tentu tidak mudah, karena membutuhkan  kultur akademik yang tersistem dengan baik,” ujarnya.

Dengan demikian kata dia, suasana atmosfir akademik di Unidar Ambon akan semakin baik dan maju kedepan, hal yang masih kurang, akan dibenahi dan ditingkatkan lagi. Misalnya sarana prasaran sebagai penunjang proses, maka pembelajaran harus lebih baik dari sistem IT yang dimiliki, untuk menunjang seluruh aktivitas akademik.

Sementara itu Kepala Biro Akademik dan IT, Hadidjah Latupono menambahkan, dalam proses perjalanan akreditasi tersebut, pihaknya harus mempersiapkan hal-hal lainnya.

Untuk itu, dengan adanya akreditasi tersebut, ada kepedulian dari masyarakat untuk memilih Unidar sebagai pilihan pertama, mengingat Unidar kini telah menyandang status yang sudah sama dengan Perguruan Tinggi lainnya di Maluku, seperti Unpatti, UKIM dan IAIN.

“Sebelum akreditasi ini, kami memiliki 14 program studi, dan  terdapat 8 klasifikasi program studi yang terakreditasi B. Artinya yang satu program studi terakreditasi baik dan lainnya, terakreditasi C, sehingga semua program studi di Unidar telah terakreditasi,” pungkasnya. (S-25)