AMBON, Siwalimanews – Rumah milik Rudi yang berlokasi di Kepala Air, RT.004/RW.014. Negeri Batu Merah, Kecamatan  Sirimau, Kota Ambon ludes terbakar, Sabtu (4/3).

Kebakaran diketahui berasal dari tumpahan bensin yang disambut api dari kompor.

Akibat dari kejadian tersebut, pemilik rumah harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan intensif akibat luka bakar disejumlah tubuhnya.

Kasi Humas Polresta Ambon, Iptu Moyo Utomo kepada wartawan, Minggu (5/3) menjelas­kan, berdasarkan keterangan Rudi si pemilik rumah kebakaran ber­mula ketika korban sementara memindahkan bensin dari gerigen ke botol.

Saat sementara memindahkan, tiba tiba bensin terjatuh kelantai. Tak lama kemudian api dari kom­por yang sementara menyala me­rem­bet ke tumpahan bensin tersebut.

Baca Juga: 12 Rumah Warga Waenetat Rusak Dihantam Puting Beliung

“Saat bensin itu tumpah, korban sempat  membersihkan, namun tiba-tiba saksi melihat kobaran api yang berasal dari kompor merembet dan dengan cepat membakar bagian dalam rumah,”ungkapnya.

Melihat api yang membesar korban lalu lari kedalam kamar untuk menyelamatkan istri dan anaknya melalui jendela kamar, namun naas saat menyelamatkan keluarganya kaki dan punggung korban terbakar.

Oleh warga sekitar, korban kemudian dilarikan ke Rumah Sakit RST untuk mendapat perawatan medis.

Setelah mengevakuasi korban warga sekitar selanjutnya berupaya memadamkan kobaran api yang terus membesar, dengan cara menyedot air dari kali menggunakan alkom milik warga lain.

Tak lama kemudian, 3 unit mobil Damkar Kota Ambon dan personil Polsek Sirimau, tiba di TKP namun api sudah berhasil dipadamkan oleh pemilik rumah dan warga Sekitar, sehingga pihak Damkar mengecek asal percikan api dan memastikan bahwa api sudah padam. (S-10)