CLOSE AD

Tuasikal Tegaskan KPN Harus Buat Profil Desa

MASOHI, Siwalimanews – Bupati Maluku Tengah (Malteng) Tuasikal Abua menegaskan agar setiap kepala pemerintahan negeri (KPN) segera membuat profil negeri disertai informasi data atau nilai Dana Desa serta pengunaannya secara transparan kepada masyarakat di Desa. Sikap tegas Bupati Tuasikal ini disampaikan oleh Assisten I Sekda Malteng Wilem Istia, saat membuka kegiatan Update Indeks Desa Membangun tahun 2020 di Masohi, Sabtu (28/2).

“Terkait dengan adanya upaya membangun yang dilakukan di masing-masing  negeri, maka saya perlu menegaskan agar seluruh perangkat pemerintah  negeri wajib hukumnya membuat profil negeri dan semua perkembangan pembangunan yang ada agar dapat diketahui seluruh lapisan masyatakat pada masing-masing negeri yang ada di daerah yang sama-sama kita cintai ini,” tegas Tuasikal.

Dikatakan, dokumen tersebut memiliki peranan strategis dalam proses pembangunan negeri. Sebab selain telah memenuhi unsur transparansi namun secara tidak langsung perangkat pemerintah  negeri juga telah memenuhi syarat sistem keterbukaan informasi publik.

“Dokumen ini memiliki peran strategis dalam pembangunan negeri. Selain itu KPN dan perangkatnya secara tidak langsung telah memenuhi prinsip transparan tetapi juga memenuhi syarat keterbukaan informasi kepada publik,” jelasnya.

Lebih jauh Tuasikal menambahkan, selain harus memenuhi syarat transparansi KPN juga harus memenuhi syarat akuntabilitas. Hal ini berarti bahwa profil negeri yang disusun harus dengan data data yang otentik.

“Profil negeri itu harus  disusun sesuai fakta dengan data-data yang otentik atau logis agar masyarakat dapat sekaligus menilai setiap progres pembangunan yang sedang berjalan atau up to date,” ujarnya.

Kata dia, Kementerian Dalam Negeri melalui Dirjen Biro Pemerintahan telah mengembangkan konsep basis data sebagaimana yang diarahkan dalam peraturan pemerintah Nomor 12 tahun 2007 tentang pedoman penyusunan dan pendayagunaan profil desa12 tahun 2007 tentang pedoman penyusunan profil dan pendayagunaan negeri.

“Berkaitan dengan itu, saya tegaskan agar dalam waktu dekat ini seluruh perangkat pemerintah negeri sudah harus segera menyusun profil negerinya masing- masing,” pintaTuasikal. (S-36)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *