AMBON, Siwalimanews –  Tabur bunga sejatinya menjadi tradisi yang dilakukan sebagai bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan serta mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal tersebut terlihat pada, Rabu (10/11) yang merupakan Peringatan Hari Pahlawan. Kodam XVI Pattimura, Pemerintah Provinsi Maluku, Polda Maluku serta Lantamal IX Ambon terlihat mengadakan sejumlah kegiatan untuk mengenang jasa para pahlawan.

Kegiatan dibuka dengan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan yang berlokasi di Kapahaha, Tantui, Ambon.

Hadir dalam kegiatan itu, Gubernur Maluku Murad Ismail, Pangdam Pattimura Mayjen Bambang Ismawan, Kapolda Maluku Irjen Refdi Andri, Irdam Pattimura Brigjen Dwi Darmadi, Kapoksahli Pangdam Brigjen Heri Sapari.

Pada hari yang sama ditempat berbeda, kegiatan upacara dan tabur bunga juga berlangsung di dermaga Lantamal IX, Halong.

Baca Juga: Pangkoarmada III Resmikan Gedung Nala Satrol Lantamal IX

Dalam kegiatan ini Laksamana Pertama Ashari Alamsyah, bertindak sebagai inspektur upacara pada kegiatan tabur bunga di dermaga, sementara kegiatan diwaktu yang sama juga berlangsung di Makodam Pattimura berupa upacara yang dipimpin Kasdam Pattimura Brigjen Samuel Petrus Hehakaya.

Menteri Sosial  Tri Rismaharini dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam Pattimura Brigjen Samuel Petrus Hehakaya, minta TNI untuk bersama-sama, bahu membahu dengan ikhlas dan tanggung jawab, atas jasa dan pengorbanan pahlawan serta memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai dengan kemampuan dan profesi masing- masing.

Begitu pula yang harus dilakukan oleh seluruh prajurit TNI maupun PNS yang berada di jajaran Kodam  Pattimura.

“Kobarkan semangat, tekad, dan keyakinan para pahlawan. Jadikanlah pahlawan sebagai inspirasi di setiap langkah kehidupan kita” tutup Kasdam.

Upacara tabur bunga juga terlihat dilakukan di tengah laut. Dalam hal ini Panglima Koarmada III Laksamana muda Irvansyah, Danlantamal IX  Brigjen Said Latuconsina, Wakapolda Maluku Brigjen Jan de Fretes dan Danrem Binaiya, Brigjen TNI Arnold Ritiauw.

Meskipun ditengah Pandemi Covid-19, peringatan hari Pahlawan tahun 2021 yang mengusung tema Pahlawanku Inspirasiku, digelar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan. (S-45)