AMBON, Siwalimanews – Mengawasi masyarakat tertib membuang sampah, diawasi ketat oleh Pemerintah Kota Ambon memalui kamera Closed-Circuit Television atau CCTV di dua lokasi

CCTV di pasang di tempat pembuangan akhir (TPA) Waiheru, Kecamatan Teluk Ambon, dan OSM Kelurahan Wainitu, Kecamatan Nusaniwe yang menjadi pengawasan pemerintah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) kota Ambon, Lucia Izack mengungkapkan, pemasangan CCTV tersebut dilakukan di beberapa TPA yang menurutnya, merupakan lokasi rawan.

“TPS yang sampahnya keluar setiap waktu, kita dipantau melalui CCTV, seperti di Waihieru dan OSM,” beber Izaack kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Selasa (9/2).

Dua lokasi tersebut menurutnya termasuk rawan menuvur, sehingga pemasangan itu bertujuan untuk memantau aktivitas pembuangan dan pembersihan sampah.

Baca Juga: Usai Divaksin, Gubernur Mengaku Sehat 

Izack mengaku pembuangan sampah oleh masyarakat dilakukan sesuai jam yang telah ditentukan selama ini, namun pada kenyataan banyak yang membuang sampah tidak pada waktunya.

“Pembuangan sampah di TPS ini kan telah diatur waktunya. Tapi masih saja ada yang buang bukan pada waktunya dan tidak pada tempatnya. Banyak sampah berserakan sampai di badan jalan,” kesalnya.

Untuk itu pemerintah mencari alternatif lain mengawasi masya­rakat dengan pemasangan kamera CCTV TPS tertentu.

“Banyak sekali keluhan masyarakat. Lewat CCTV kita bisa memantau apakah petugas kebersihan di tempat sampah ini menjalankan tugasnya dengan baik atau tidak,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengaku, dalam waktu dekat juga akan ada pem­binaan kepada seluruh petugas sampah milik dinas.   “Kenapa ka­rena jika sudah dibina namun ma­sih saja tidak menjalankan tugas de­ngan baik, otomatis sanksi ad­ministrasi akan tetap diberikan sebagai efek jera,” tegasnya. (S-52)