AMBON, Siwalimanews – Tim Penggerak PKK Maluku menggelar kegiatan aksi bersih sampah yang dipusatkan di Lapangan Merdeka, Ambon, Sabtu (13/2).

Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad mengatakan kegiatan aksi bersih-bersih sampah di Lapangan Merdeka karena areal ini merupakan fasilitas publik yang ramai dikunjungi masyarakat.

“Sebelumnya kita telah meninjau ternyata di Lapangan Merdeka ini,  sampahnya lumayan banyak berserakan, terutama sampah plastik. Inilah yang menjadi alasan kami untuk menggagas kegiatan ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar sampah pada tempatnya,” ungkap Widya.

Dikatakan, Lapangan Merdeka merupakan kawasan favorit warga Kota Ambon untuk berolahraga, maupun sebagai ruang pertemuan komunitas anak-anak muda Ambon. Akibatnya, sering terjadi penumpukkan sampah.

“Masalah sampah dan kebersihan lingkungan bukan saja menjadi tanggungjawab pemerintah, tetapi menjadi tanggungjawab kita semua agar tercipta lingkungan bersih, sehat dan bebas dari sampah,” tegasnya.

Baca Juga: Kelola SIPD, OPD dan DPRD Saling Membutuhkan

Untuk itu Widya mengimbau agar masyarakat yang melakukan aktivitasnya di Lapangan Merdeka, selalu peduli terhadap kebersihan lingkungan.

“Kami sudah menempatkan tempat sampah di sejumlah titik di lapangan. Kami harap kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Soal lingkungan, kami tidak bisa melakukannya sendiri, sebab kesadaran masyarakat lah yang sangat penting,” ingatnya.

Widya pun menyampaikan terima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku dan Kota Ambon, Satpol PP dan PD Panca Karya selaku pengelola yang telah mensuport kegiatan ini. Ungkapan yang sama juga dia sampaikan kepada Pokja IV TP-PKK Maluku, sebagai salah satu bidang di TP-PKK yang menangani masalah lingkungan.

“Meskipun dalam kondisi pandemi, kita tetap semangat berkumpul untuk melaksanakan kegiatan ini, dengan tetap menjaga protokol kesehatan,” katanya.

Di tempat yang sama, PD Panca Karya selaku pihak pengelola Lapangan Merdeka Ambon, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada TP-PKK Maluku yang telah menyelenggarakan Gerakan Peduli Sampah.

“Saya tawarkan, setiap hari Jumat melalui seluruh jajaran pegawainya akan memonitoring sekaligus mengadakan kerja bakti bersama. Ini menjadi program dari PD Panca Karya, sebab dengan aadanya kebersihan berarti kita akan sehat selalu,” kata Plt Direktur Utama PD Panca Karya, Rusdi Ambon.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Maluku, Roy Siauta, menyampaikan tiga hal terkait membangun kesadaran untuk kepedulian untuk menjaga lingkungan dari sampah. Pertama, adalah kesadaran. Kedua, merubah perilaku. Dan ketiga  mengenai budaya atau kebiasaan. Dirinya yakin, apabila semua pihak berpegang pada ketiga prinsip diatas, maka persoalan sampah pasti terselesaikan.

“Kita mau bicara apapun, kita mau menyiapkan teknologi seperti apapun, kita mau menyiapkan seribu tempat sampah di Lapangan Merdeka ini sebanyak berapapun, tetapi kalau kesadaran kita tidak ada, maka sampah akan menjadi masalah serius bagi kita,” tandasnya. (S-39)