Toisuta: Masyarakat Berhak Awasi DD

AMBON, Siwalimanews – Ketua DPRD Kota Ambon Elly Toisuta menegaskan, saat ini masyarakat sudah pandai, untuk itu  mereka berhak untuk melakukan pengawasan terhadap Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa (DD/ADD).

Hal itu ditegaskan Toisuta dalam rapat bersama antara DPRD Kota Ambon dengan warga negeri lama terkait dengan permasalahan transparansi penggunaan DD di desa tersebut sehingga berujung disegelnya kantor desa, pada Sabtu (30/11) kemarin.

Menurutnya, apa yang dikemukakan masyarakat Desa Negeri Lama merupakan satu masalah yang serius sehingga harus diselesaikan secepatnya.

“Kami minta masalah ini harus diselesaikan, apa yang menjadi tuntan masyarakat selama itu tidak melanggar aturan, maka dari pemerintah desa harus menyampaikannya,”tandas Toisuta

Sebelumnya dalam rapat itu, salah satu perwakilan warga Desa Negeri Lama, Rolly de Kock mengaku, setiap perencanaan pembangunan di desa, memang sesuai dengan hasil Musrenbang, namun yang sangat disayangkan ketika Musrenbang hanya pihak-pihak tertentu yang dilibatkan, tidak kepada masyarakat umum.
“Selama Musrenbang hanya pihak-pihak terkait yang ikut, sedangkan masyarakat umum tidak ada sehingga masyarakat tidak tahu, Ini yang kami nilai ada kejanggalan disini,” tandas de Kock.
Tak hanya itu, masyarakat hanya ingin meminta ada transparansi dari pemerintah negeri dalam proses pengelolaan DD maupun ADD.

Untuk diketahui rapat tersbeut dipimpin Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon Zeth Pormes didampingi Wakil Ketua Komisi Mourits Tamela dan turut hadir dalam rapat itu Ketua DPRD Kota  Elly Toisuta.
Sementara dari pihak Pemdes Negeri Lama,  Penjabat Kades  Imelda Tahalele sedangkan dari pemkot dihadiri oleh Kepala Inspektorat Pieter Ohman, perwakilan Dinas P3AMD serta Kabag Pemerintahan Steven Dominggus. (S-40)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *