AMBON, Siwalimanews – TNI Manunggal Membangun Desa ke 113 Kodam XVI/Pattimura yang yang telah mencapai 95 persen rampung. Perjuangan para personel satgas TMMD patut diapresiasi.

Bagaimana tidak, tanpa kehadiran mereka diwilayah yang masih memerlukan sentuhan pembangunan mungkin akan kesulitan untuk mewujudkan harapan mereka, contoh yang paling kecil adalah jalan yang sehari- hari mereka gunakan dalam beraktivitas, masih belum dibangun dengan layak.

Pada wilayah Kodim 1504/ Ambon, terdapat dua Desa yang menjadi target pembangunan, adalah Desa Telaga Pange dan Desa Waringin yang berada di Rumah Tiga, Wayame, Ambon dengan target pembangunan jalan lingkar desa, drainase air hingga talud.

“Sebelum adanya jalan lingkar desa maupun jalan-jalan pelengkap yang dibangun oleh Satgas TMMD, masyarakat mengalami beberapa kendala dalam keseharian,” kata  Serda La Huwe, Babinsa Koramil 1504-01 Baguala dalam rilis yang diterima Siwalima, Kamis (9/6)

Ia mengaku untuk membawa hasil kebun tidak mampu masuk hingga ke jalan desa mereka. Mobil pengangkut hanya bisa sampai didepan gapura desa, jadi masyarakat harus bolak-balik mengangkut sayur mayur menggunakan sepeda motor maupun dipanggul.

Baca Juga: Pemda Tambah 4 Kampung KB di MBD

Tidak hanya itu, Desa Telaga Pange dan Desa Waringin pun mempunyai potensi wisata unggulan, yaitu Air Terjun Maspait dan Spot-spot foto dari atas bukit.

“Masyarakat berharap dengan adanya banyak pembangunan dan perbaikan fasilitas, desa mereka akan jauh lebih rapi, bersih dan tertata. Disamping masyarakat mempunyai jalan yang sudah baik, masyarakat bisa beraktivitas dengan nyaman,” terangnya.

Tidak hanya berupa sasaran fisik yang membangun sarana prasarana, namun juga sasaran non-fisik seperti sosialisasi kamtibmas, sosialisasi vaksin Covid-19, sosialisasi pertanian, sosialisasi KB, sosialisasi binmatkum, sosialisasi masyarakat, sosialisaai wawa­san kebangsaan, sosialisasi kehutanan, sosialisasi bela negara yang telah semuanya diselesaikan.

Sementara itu di Kodim 1505/ Tidore, terdapat sebelas desa yang menjadi sasaran Satgas TMMD, yaitu Desa Tauno, Desa Akedotilou, Desa Fanaha, Desa Lola, Desa Yehu, Desa Akesai, Desa Siokona, Desa Aketobatu, Desa Akeguraci, Desa Togeme, dan Desa Beringin Jaya.

Selama ini, masyarakat masih berjuang ekstra ketika musim hujan tiba, seringkali desa-desa mereka terendam banjir akibat drainase atau saluran air tidak memadai.

Salah satu masyarakat Desa Akeguraci, La Ode mengucapkan terima kasih sekaligus apresiasinya kepada para personel Satgas TMMD.

“Terima kasih bapak- bapak tentara sudah bikin jalan desa kami jadi bagus, sekarang kami tak lagi susah payah melewati jalan- jalan yang becek dan licin” ujarnya.

Sejalan dengan program yang diusung oleh Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon, “Mutiara Pattimura” prajurit Kodam XVI/Pattimura hadir sebagai solusi di setiap kesulitan masyarakat, sebagai prajurit pelindung dan perekat bangsa. (S-07)