Hampir semua karyawan pasti pernah melakukan kesalahan ketika bekerja. Kesalahan yang terjadi itu sebenarnya bagian dari proses membangun diri Anda. Namun penting untuk mengetahui cara tidak mengulangi kesalahan saat kerja agar tidak menjadi beban pikiran bagi Anda sendiri dan  sering mendapat teguran.

Kesalahan banyak macamnya, seperti salah dalam mengambil keputusan, salah dalam pekerjaan, keteledoran yang tidak disengaja, masalah kepatuhan, kedisip­linan, dan sebagainya. Tingkat toleransi perusahaan pun berjenjang, tapi jangan sampai kesalahan sepele namun sering dilakukan bisa berujung pada surat peringatan (SP).

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan menghambat karier Anda, berikut tips mengurangi kesalahan berulang saat bekerja.

  1. Berjanji tak mengulanginya

Meski terdengar klise, namun kalau Anda baru pertama kali melakukan kesa­lahan memang harus meminta maaf. Nah, setelah itu janjilah kepada diri sendiri un­tuk tak melakukan kesalahan yang sama.

Misalnya, datang terlambat ketika ra­pat dengan bos. Jangan sampai melakukan kesalahan serupa kedua kali. Antisipasi waktu persiapan maupun perjalananmu agar tak telat sampai kantor.

Baca Juga: Buah dan Sayur Utuh Vs Dibuat Jus, Mana yang Lebih Sehat?
  1. Tak perlu berdalih jika berbuat salah di tempat kerja

Membela diri pada lingkungan di tempat bekerja merupakan hal yang sia-sia, lho. Jika mencari-cari alasan untuk membenarkan kesalahanmu justru akan menunjukkan diri Anda sebagai pribadi yang mempunyai emosi labil dan kacau yang bisa berdampak pada profesio­nalisme Anda. Bukan tidak mungkin Anda akan dipandang sebelah mata oleh rekan kerja maupun bos.

Jika sudah berulang kali melakukan kesalahan, catatlah kesalahan-kesalahan apa saja yang pernah dilakukan. Materi refleksi itu berguna jika suatu saat mela­kukan kesalahan lagi Anda akan meng­ingat betapa sangat teledornya Anda.

Kenali kesalahan-kesalahan yang ada di catatan tersebut dan cari latar belakang kesalahan yang diperbuat. Bisa jadi gara-gara Anda selalu terburu-buru ketika mengerjakan pekerjaan, misalnya. Selanjutnya, pelajari betul dan temukan solusi dari masalah tersebut.

  1. Berubah menjadi pribadi yang baik 

Tak hanya mengakui kesalahan, tapi juga lakukan pembenahan diri, mulai dari memanajemen ulang pekerjaan atau per­baikan pada diri. Gali kemampuan teknis dan kemampuan lain yang berpotensi mendukung pekerjaan. Biasakan diri untuk selalu teliti dalam setiap tugas yang dikerjakan untuk menghindari mengu­langi kesalahan.

  1. Fokus menyelesaikan pekerjaan

Langkah keempat adalah fokus. Selain teliti, demi menghasilkan pekerjaan yang baik, Anda dituntut untuk fokus. Hal itu dapat dilakukan dengan berlatih menga­sah konsentrasi dan fokus melalui medi­tasi. Lakukan setidaknya satu jam dalam sehari, dan mulai dengan cara fokus ke­pada satu titik atau kepada pernapasan.

Setiap kesalahan yang diperbuat ditambah dengan masalah kehidupan di luar pekerjaan pasti akan membuat stres. Anda harus mengatur dan menata kehidupan dengan teratur agar semua terasa ringan.

Dengan meditasi Anda akan menda­patkan pikiran yang bersih, damai, dan te­nang. Sehingga semua kegiatan peker­jaan dapat dilakukan dengan tanpa teka­nan. Temuilah seorang teman untuk men­dengar segala keluhan dalam pekerjaan, mulai dari kesalahan-kesalahan yang diperbuat, lingkungan bekerja, hingga suasana tempat bekerja.

Mintalah pendapat, komentar, dan solusi kepada teman. Jadikan sebagai sebuah evaluasi diri agar menjadi baik ke depannya. Bicaralah juga dengan rekan kerja yang lebih berpengalaman yang cocok dengan Anda, cobalah diskusikan cara menghindari kesalahan dengannya agar mendapat pandangan lain.

  1. Atur skala prioritas

Hindari mengerjakan beberapa tugas sekaligus. Ber-multitasking tidak akan memberikan hasil yang efektif dan justru akan meningkatkan peluang untuk melakukan kesalahan.

Solusinya, buatlah daftar pekerjaan dan urutkan mulai dari yang paling penting atau paling memiliki urgensi bagi Anda sampai yang kurang mendesak atau pekerjaan yang paling mudah.

Kemudian, kerjakan sesuai prioritas dan kebutuhan sehingga Anda siap dalam melakukan dan menuntaskan pekerjaan dengan baik. Dengan melakukan penga­tu­ran semacam ini, bisa membuat Anda terhindar dari kelalaian dan kesalahan, lho. Selain itu, kelolalah waktu dengan baik, estimasi juga durasi setiap tugas. Buruknya pengelolaan waktu bisa menjadi salah satu penyebab kesalahan dalam bekerja.

Manusia memang tak luput dari salah dan khilaf, tapi dengan mempelajari ke­sa­lahan yang pernah dibuat dan berkomit­men tak mengulanginya akan membuat­mu berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.  Kesalahan itu bisa menjadi cer­minan kelemahanmu dan terbiasa untuk menghadapinya.

Semoga lima tips di atas dapat membantumu melatih disiplin dan menghindari melakukan kesalahan berulang ketika bekerja. Jangan biarkan kesalahan-kesalahan itu menghambat langkah untuk maju, ya. (*)