Tinggi Gelombang Laut Seram dan Banda Capai 4 Meter

AMBON, Siwalimanews – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Mariritim Ambon tidak henti-hentinya mengingatkan masyarakat Maluku untuk mewas­padai tinggi gelombang di laut Seram dan Banda yang mencapai empat meter.

Kepala Seksi Observasi dan Infor­masi BMKG Ambon, Wihelmina Paays dalam rilisnya yang diterima Siwalima Sabtu(7/3) menjelaskan, akan terjadi  gelombang tinggi yang menerjang wilayah Indonesia termasuk perairan Maluku.

Ia menjelaskan, tinggi gelombang  tersebut bahkan mencapai empat me­ter. Sedangkan tinggi gelombang 1,25-2,50 meter diperkirakan akan terjadi di Perairan Buru, Perairan Ambon Lease, Periran Selatan Pulau Seram, Perairan Kepulauan Kei, Perairan Kepulauan Aru dan Laut Arafuru Bagian Tengah. Sedangkan tinggi gelombang 2,5-4,0 yang diperkirakan akan terjadi di Laut Seram dan Laut Banda.

Dalam rilisnya itu, Paays juga menambahkan terdapat pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan 5-25 knot.

Sedangkan di wilayah Selatan Indonesia dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan 5-25 knot. Ke­cepatan angin tertinggi terpanatau di Laut Banda bagian utara, Laut Maluku bagian Selatan, Laut Seram, Perairan Fak Fak dan Teluk Tomini kondisi ini mengakibatkan pening­katan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

Untuk itu BMKG mengingatkan instansi terkait untuk memperha­tikan keselamatan pelayaran khusus kapal nelayan tradisional, tongkang, ferry, kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar.

“Jadi kami berharap masyarakat Maluku khususnya supaya mem­per­hatikan keselamatan pelayaran dan dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” tandas Paays. (Mg-5)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *