AMBON, Siwalimanews – Tim Pengawasan dan Evaluasi Mabes TNI meninjau pelaksanaan sasaran kegiatan fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 Kodim 1504 Pulau Ambon yang berlokasi di Dusun Waringin Cap, Desa Wayame, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Kamis (2/6).

Tiba di lokasi Poskotis TMMD 113, Tim Wasev yang dipimpin Aspotmar Kasal Mayjen (Mar) Nur Alamsyah, disambut dengan tarian lenso. Dengan tema yang diusung kali ini TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI itu, kemudian dilanjutkan dengan paparan dari Dansatgas TMMD, Dandim 1504 Pulau Ambon Kolonel Inf Zamril Philiang.

Dalam paparannya, Kolonel Inf Zamril Philiang melaporkan situasi dan kondisi di daerah TMMD Dusun Waringin Cap, Desa Wayame, selain itu juga beliau menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi di lapangan saat kegiatan TMMD berlangsung.

“Pembangunan ini memang berdasarkan usulan dan laporan dari masyarakat, jalan ini nantinya bisa dijadikan sebagai jalan tembus alternatif dan semoga tidak menimbulkan longsor,” tandas Dandim saat menyampaikan laporannya.

Sementara itu, Aspotmar Kasal Mayjen (Mar) Nur Alamsyah, dalam sambutannya mengatakan, tujuan kedatangan Tim Wasev adalah untuk mengukur kualitas kinerja yang dilaksanakan pada kegiatan TMMD, membantu program pemerintah dalam percepatan pembangunan, meninjau, mengawasi dan mengevaluasi seluruh kegiatan sasaran TMMD ke-113 Kodim 1504 Pulau Ambon.

Baca Juga: DPRD Minta Pengawasan Dana Bos Diperketat

“Saya mengapresiasi kegiatan TMMD di Dusun Waringin Cap ini,” ujar Aspotmar.

Menurutnya, kedepan, pihak TNI siap jika memang dibutuhkan oleh masyarakat dan pemda untuk mengerjakan proyek-proyek pembangunan yang lainnya.

Ia juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas dukungan anggaran dari pemda sehingga kegiatan TMMD bisa terlaksana dengan baik.

“Tingkatkan semangat gotong royong, tingkatkan kepedulian agar hasil dari kegiatan TMMD bisa dimanfaatkan, tidak hanya saat kegiatan TMMD berlangsung, tetapi juga di masa yang akan datang,” pintanya.

Aspotmar berharap, kegiatan TMMD ini bisa mendorong kehidupan dan kesejahteraan masyarakat lebih baik dari sebelumnya, dan untuk kegiatan non fisik TMMD, beliau juga berharap dapat mendorong kualitas kehidupan masyarakat dan wawasan kebangsaan.

“Pelihara hubungan baik antara TNI-Polri, pemda, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Tetap patuhi protokol kesehatan, dan semoga kegiatan evaluasi TMMD tahun  ini bisa menjadi tolak ukur kegiatan TMMD kedepan,” harapnya.

Sementara itu, penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena, memberikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI dan Polri atas kegiatan TMMD tersebut, sehingga dapat membantu masyarakat dan Pemkot Ambon, khususnya Maluku.

“Semoga kedepan kegiatan TMMD bisa ditingkatkan dan lebih baik lagi”, harap Wattimena.

Tim Wasev kemudian menyempatkan diri meninjau tujuh sasaran kegiatan fisik, antara lain, pembukaan dan pembangunan pengecoran jalan baru sepanjang 280 meter dan lebar 2,5 meter, kemudian jalan setapak dengan panjang kurang lebih 239 meter dan lebar 1,5 meter serta pembangunan drainase.

Usai meninjau tujuh lokasi sasaran fisik, Aspotmar kemudian melakukan tatap muka dengan masyarakat sekitar daerah TMMD, dan mengapresiasi kemanunggalan TNI-Polri, pemda serta masyarakat.\

“Saya berharap dengan kegiatan TMMD ini, masyarakat bisa memelihara apa yang sudah dibangun. Pembangun yang dilaksanakan sudah bagus, sasaran pembangunan jalan-jalan juga bagus, diharapkan sampah-sampah yang dulunya berserakan di jalanan bisa dibuang pada di tempat pembuangan sampah yang sudah dibuat,” pintanya.

Selain sasaran fisik, juga dilaksanakan sasaran non fisik berupa penyuluhan pertanian dan perkebunan serta pelayanan kesehatan kepada masyarakat, yang dimulai 23-30 Mei dan berlanjut sampai dengan penutupan pada 09 Juni dengan jumlah sasaran 211 kepala keluarga.

Untuk diketahui turut mendampingi Tim Wasev dalam peninjauan itu, Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena, Danlantamal IX Ambon Brigjen Said Latuconsina, Danrem 151 Binaiya, Aster Kodam XVI Pattimura, para pejabat utama Lantamal IX Ambon, Dandim 1504 Pulau Ambon, Kajari Ambon, Kadis PUPR Kota Ambon, Kapolsek Teluk Ambon, Ketua Cabang 6 Gabungan Jalasenastri Mabesal Ny Ayu Alamsyah, Ketua Korcab IX DJA III Ny Widiya Said Latuconsina beserta pengurus Korcab IX DJA III, dan Ibu-ibu Pengurus Persit, Kades dan Pejabat Desa Wayame, para tokoh agama, tokoh masyarakat di lokasi TMMD, serta para tamu undangan lainnya. (Mg-1)