AMBON, Siwalimanews – Tim Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri sambangi Polda Maluku yang dipimpin Karo Bindiklat Lemdiklat Polri, Brigjen Desmawan Putra.

Kedatangan tim Lemdiklat Polri ini, untuk menyampaikan transformasi 8 program prioritas Kalemdiklat.

Penyampaian transformasi 8 program prioritas Kalemdiklat tersebut berlangsung di Rupatama Mapolda Maluku, Kota Ambon, Kamis (14/10) dan dihadiri langsung Kapolda Maluku Irjen Refdi Andri, didampingi  Wakapolda Brigjen Jan de Fretes dan sejumlah pejabat utama Polda Maluku.

Dalam paparannya, Karo Bindiklat Lemdiklat mengatakan, 8 program prioritas Kalemdiklat Polri bertujuan untuk mewujudkan Lemdiklat Polri dalam mencetak anggota center of excellence Polri yang Presisi.

Selain itu, 8 program ini juga merupakan bentuk transformasi pendidikan Polri, dan strategi Lemdiklat learning dan memposisikan kampus sebagai objek vital Polri.

Baca Juga: LDK Al Ikhwan Unpatti Siap Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan  FSLDKN XX

8 program prioritas Kalemdiklat Polri itu masing masing yaitu, mewujudkan kampus sehat, Mewujudkan kampus aman, Mewujudkan kampus sebagai pusat keunggulan, Menjadikan kampus tempat 8 favorit dan prestasi, Membangun kampus dengan kurikulum kekinian dan jawab tantangan tugas, Membangun kampus dengan struktur kuat, Membangun kampus kebangsaan dan Mengembangkan PTIK menjadi universitas keamanan.

“Jika Polri ingin mempersiapkan generasi penerus yang unggul, kreatif dan inovatif,ini sebagai alat utama yang siap menghadapi berbagai tantangan yang Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity. Olehnya itu, kampus kampus Polri sebagai tempat produksi harus dibenahi dan diposisikan sebagai obyek vital Polri,”terangnya.

Menurutnya, guru dan pengasuh sebagai aktor, namanya harus didukung dengan aturan Binkar yang khusus.

Delapan program proritas informasi pendidikan Polri, kata dia, sebesar-besarnya ditujukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, mewujudkan lembaga sebagai center of excellence dalam mencetak anggota Polri yang Presisi, serta mempersiapkan sumber daya manusia, kreatif dan inovatif, dan kekuatan utama maupun human capital hari ini, esok dan di masa mendatang.

“Keberhasilan mempersiapkan generasi penerus menjadi tugas kita bersama. Abai dan lemah mempersiapkan sumber daya manusia Polri sekarang, sama dengan mempersiapkan bom waktu dan kehancuran Polri di masa yang akan datang,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Maluku Refdi Andri menyampaikan terima kasih kepada Karo Bindiklat Polri atas penyampaian yang luar biasa dan sangat berkualitas.

Kapolda Maluku berharap, program ini dapat diwujudkan untuk generasi yang akan datang menuju Polri yang Presisi.

Mantan Kakorlantas Polri ini mengaku, Pendidikan Tamtama hanya ada pada Brimob dan Polair. Ia berharap ke depan akan ada pendidikan Tamtama  untuk Pengemudi Pejabat Utama Polri yang Profesional.

Selain itu, Kapolda juga berharap adanya pendidikan atau sekolah khusus untuk Ajudan. Sebab, ajudan juga dibutuhkan oleh ppejabat utama Polri.

“Ini perlu di kaji. Talent Scouting ini kita berharap dengan kebijakan Kalemdikat ini betul-betul harus Presisi. Untuk semua Polda Tipe A, jabatan Semua Karo di tingkat Polda eselonnya harus sama, begitu pula Direktur, dan Kepala Bidang. Semoga 8 Program Kalemdiklat bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya. (S-45)