AMBON, Siwlaimanews – Menjelang ibadah pergantian tahun 2020 ke 2021 yang digelar umat Kristiani, maka Polda Maluku menurunkan  tim penjinak bom (Jibom) untuk melakukan sterilisasi sejumlah gereja di Kota Ambon,

Tim Jibom Brimob Polda Maluku yang dipimpin Wadansubden 2 Jibom Detasemen Gegana Iptu W Matulessy melaksanakan sterilisasi dengan menggunakan alat metal detector dan mirror detecrtor. Penyisiran mulai dari luar hingga ke dalam gereja serta menyisir setiap sudut gereja, dimana satu per satu ruangan yang ada di dalam gereja diperiksa secara teliti oleh anggota tim Jibom.

Komandan Satuan Brimob Polda Maluku Kombes M Guntur menjelaskan, penyisiran ini dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat pelaksanaan ibadah akhir tahun. Pengamanan ini diberikan dengan harapan dapat memberikan rasa aman terhadap umat Kristiani saat menjalankan ibadahnya.

‘’Ini bentuk dari pemenuhan standar operasional prosedur yang harus dilaksanakan oleh kepolisian agar  lokasi ini bisa digunakan untuk pelaksanaan ibadah akhir tahun, sekaligus memberikan rasa aman dan nyaman kepada para jemaat,’’ jelas Dansat.

Wakil Komandan Detasemen Gegana AKP Denny Sandera menambahkan, sterilisasi tersebut dilakukan guna mengantisipasi adanya bom di tempat ibadah, hal itu agar umat Kristiani di Kota Ambon dalam  pelaksanaan ibadah syukuran akhir dan awal tahun bisa berjalan aman, lancar dan khusyuk.

Baca Juga: Jelang Ibadah Akhir Tahun, Sejumlah Gereja Disterilkan

“Total itu ada sekitar 10 gereja yang disisir tim Jibom Polda Maluku, semuanya harus benar-benar steril, agar umat Kristiani saat merayakan ibadah akhir tahun bisa berjalan lancar dan hikmat,” ujar Wadanden Gegana. (S-45)