AMBON, Siwalimanews – Untuk memastikan keamanan menjelang pelaksanaan Sidang Sinode GPM XXXVIII, maka Tim Jibom Gegana Satbrimob Polda Maluku, melaksanakan sterilisasi di  Gedung Gereja Maranatah dan Baileo Oikumene, Senin (8/2).

Sterilisasi Tim Jibom ini dilakukan pada seluruh ruangan bahkan halaman gereja dan gedung baileo juga tak luput dari penyisiran tim ini.

Wakil Komandan Detasemen Gegana AKP Denny Sandera melalui Wadan Subden 1 Jibom Iptu W Matullesy mengatakan, pihaknya melakukan sterilisasi untuk memastikan keamanan, sehingga saat pelaksaanaan sidang dapat berjalan lancar dan aman.

“Sterilisasi ini meliputi benda-benda berbahaya yang berpotensi mengandung bahan peledak. Untuk proses sterilisasi, petugas dilengkapi dengan alat deteksi khusus, seperti metal detektor, hand mirror detektor serta senter,” jelasnya.

Ia menyebutkan, untuk objek sterilisasi dalam gereja, dilakukan mulai dari pintu masuk, tempat duduk jemaat, altar dan sejumlah ruangan lainnya. Sedangkan diluar gereja, dilakukan pada setiap sudut bangunan dan beberapa tempat yang digunakan sebagai aksesoris pelaksanaan sidang.

Baca Juga: Kapolda Marah, Minyak Tanah di Maluku Masih Langka

“Dari hasil pengecekan, tidak ditemukan barang-barang yang membahayakan. Gereja dalam keadaan steril dan aman, sehingga sudah siap untuk melaksanakan Sidang Sinode GPM di Gereja Marantha dan Baileo Oikumene,” tuturnya.

Setelah dilakukan sterilisasi kata Matulessy, gereja kemudian dijaga oleh Anggota Sabhra Polresta Ambon. Pengamanan dilakukan pada pintu masuk, dalam gereja maupun di sekitar gereja.

Disamping memprioritaskan keamanan, pihaknya juga telah mengingatkan kepada panitia penyelenggara agar selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mengingat sekarang ini masih  berada pada masa pandemi Covid-19. (S-45)