AMBON, Siwalimanews – Kebakaran yang melanda rumah milik Jusuf Hurulean, di Kawasan Skip, tepatnya di lingkungan RT 002/005, Kelurahan Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon Senin (14/9),  mengakibatkan tiga rumah dinas milik TNI AD pada pada asrama Paldam Pattimura yang berdekatan dengan TKP juga ikut ludes terbakar.

Tiga unit rumah dinas milik TNI AD di asrama Paldam/XVI Pattimura yang terbakar masing-masing di huni oleh, Serka Syahrul, Serka Arifai Rustam Maruf dan PNS Paldam/XVI Pattimura Bansa Sangadji.

Informasi yang dihimpun Siwalimanews di lokasi kebakaran, menyebutkan kejadian kebakaran ini diperkirakan terjadi sekitar pukul 17.30 WIT berawal dari rumah milik Keluarga Jusuf Hurulean yang kemudian merembet ke tiga rumah dinas milik TNI AD di asrama Paldam XVI/Pattimura.

“Saat kebakaran saya dan keluarga sementara beraktivitas di dalam rumah, tiba tiba warga berteriak kebakaran, pas saya keluar gumpalan Asap muncul dari rumah milik keluarga Hurlean,” jelas Ebu Waelauruw warga setempat kepada wartawan di lokasi kejadian.

Ia mengaku, awal kebakaran warga setempat langsung berusaha melakukan pemadaman dengan alat seadanya, namun kobaran api semakin membasar. Beberapa saat  kemudian sejumlah mobil pemadam kebakaran milik Pemkot Ambon tiba di TKP untuk memadamkan api.

Baca Juga: Brimob Polda Maluku Semprot Disinfektan di Sejumlah Pasar

“Awalanya saya dan warga sekitar memadamkan api dengan peralatan seadanya, saya juga berupaya mengeluarkan barang di rumah, karena posisi rumah yang terbakar tepat di depan rumah saya,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ambon, Edwin Pattikawa yang di konfirmasi Siwalimanews di lokasi kejadian menjelaskan, untuk mengatasi kebakaran ini pihaknya menurunkan 7 mobil damkar.

“Api baru berhasil kita padamkan kurang lebih setengah jam atau pukul 18.00 WIT pasca terjadi kebakaran,” ujar Pattikawa.

Dikatakan, kebakaran ini bukan hanya menimpa satu rumah warga saja, namun api juga merembat menghangsukan tiga unit  rumah dinas di asrama Paldam Pattimura.

“Di asrama itu ada 3 unit rumah dinas ikiut ludes terbakar. Untuk penyebab kebakaran ini, dugaan sementara karena korsleting,” tuturnya.

Kapolsak Sirimau AKP Mustafa Kamal yang dikonfirmasi Siwalimanews di TKP membenarkan, bahwa penyebab kebakaran berasal dari salah satu rumah warga dan merembet ke asrama Paldam.

“Ia benar kebekaran berawal dari rumah warga. Untuk penyebab kebakarannya masih dalam lidik,” ucap Kapolsek.

Hingga pukul 19.35 WIT petugas pemadam masih melakukan penyemprotan untuk mendinginkan sisa kebakaran pada keempat unit rumah tersebut.(S-45)