AMBON, Siwalimanews –  Ketua Pengurus Olahraga Provinsi Shindoka Maluku Joko Suwanto melantik tiga pengurus Ranting Shindoka, yang dipusatkan di lapangan Bekang Kodam XVI Pattimura, Sabtu (30/7).

Ketiga pengurus ranting yang dilantik masing-masing, Ranting Mardika, Hukurila dan Benteng Atas itu, ditandai dengan penyerahan Pataka Shindoka.

Shindoka sendiri merupakan salah satu perguruan Karate dibawah naungan Federasi Olahraga Karate Indonesia, Asia Pacific Shitoryu Karate Federasi dan World Shitoryu Karatedo Federasi yang telah berkembang pesat dan aktif dalam melaksanakan kegiatan di berbagai dojo.

Di Maluku sendiri, Shindoka merupakan salah satu perguruan Karate yang dulunya merupakan bagian dari pengurusan Karate Lemkari Maluku, namun tahun 2019 terjadi polemik dan Shinsei Reymond Telussa keluar dari Lemkari dan mendirikan pengurusan baru.

Ketua Pengprov Shindoka Maluku Joko Suwanto dalam sambutannya mengatakan, Maluku memiliki potensi yang luar biasa dibidang olahraga, termasuk karate.

Baca Juga: Bhabinkamtibmas Asilulu Bangun Rumpon Ikan untuk Kelompok Nelayan

“Kalian tinggal dipoles sedikit dan diberikan teknik, maka akan menjadi luar biasa dan buktinya, banyak prestasi yang sudah diraih olah atlet-alet Shindoka di sejumlah event, baik daerah maupun nasional bahkan internasional,” ujarnya.

Untuk itu dirinya berharap, dengan dibukanya tiga ranting baru, Shindoka makin dikenal dan bisa melahirkan banyak lagi patimura-patimura muda yang berprestasi.

“Ini menjadi tanggung jawab bersama memajukan shindoka di Maluku, dengan banyak berlatih dan mengembangkan krertativitas, prestasi pasti akan diraih,” tandasnya. (S-09)