Tiga Calon Sekda Diserahkan ke KASN

AMBON, Siwalimanews – Pemprov Maluku menyerahkan tiga nama calon sekda  kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Senin (11/11).

Tiga calon sek­­da tersebut yaitu Asisten III Bidang Pereko­nomian dan Pem­bangunan Kas­rul Selang, Ka­dis Kehutanan Sadly Ie, dan Kepala Dinas Sosial Sartono Pinning.

“Tadi tiga na­ma calon sekda sudah kita se­rah­kan ke KA­SN untuk men­da­patkan rekomendasi hasil seleksi oleh KASN dan selanjutnya akan diusulkan ke presiden melalui Menteri Dalam Negari,” kata Plt kepala BKD Maluku, Jasmono kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Senin (11/11).

Empat calon sekda masing-ma­sing; Kasrul Selang, Sadly Ie, Sar­tono Pinning dan Mustafa Sangadji mengikuti tes tahap terakhir yakni kompetensi teknik dan wawancara. Namun kata Jasmono, Sangadji memiliki nilai terendah.

“Keempat orang calon ini lulus di tes terakhir, namun yang kita kirim adalah yang memiliki nilai tertinggi. Pak Mustafa Sangadji memiliki nilai terendah dari 3 calon lain,” terang Jas­mono. Jasmono enggan menje­las­kan nilai yang dari keempat calon sekda. Ia hanya mengatakan, tiga ca­lon yang dikirim memiliki nilai tertinggi.

“Semua calon berpeluang, tetapi nilai tertinggilah yang kita kirim, se­hingga nama pak Mustafa Sa­ngadji ti­dak ada dalam rekomendasi tim pan­sel yang diserahkan ke KASN,” ujarnya.

Jasmono mengatakan, proses seleksi sudah dilakukan sesuai de­ngan prosedur dan ketentuan yang berlaku, dan hanya tiga nama yang diserahkan untuk nantinya diputus­kan satu nama calon sekda.

“Saya kira semua proses seleksi dilakukan dengan baik dan yang tiga nama sudah kita serahkan ke pusat, kita tunggu hasilnya seperti apa nantinya,” katanya.

Sebelumnya enam pejabat men­daftar sebagai calon Sekda Maluku. Mereka adalah Kasrul Selang, Sadly Ie, Sartono Pinning, Mustafa Sa­ngadji, Karo Umum Hadi Sulaiman dan Kadis Pendapatan Anthon Lailossa.

Lailossa dan Hadi Sulaiman gugur dalam tahap seleksi administrasi. Sementara empat calon lainnya lolos dan melanjutkan tes keseha­tan, kejiwaan dan tes narkoba.

Kemudian mereka juga mengikuti tes kompetensi manajerial dan so­sial kultural, dan dinyatakan lolos. Se­lan­jutnya mengikuti tes tahap akhir kom­petensi teknik dan wawan­cara.

(S-39)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *