AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Baharudin Djafar menggelar kunjungan kerjanya ke Kabupaten Buru Selatan, Sabtu (25/7).

Kedatangan Kapolda Maluku yang di dampingi Karo Ops, Dir Intelkam disambut langsung Danyon 731/Kabaresi Letkol Inf I Putu Ekasana Indra Putra serta Danki senapan D Yonif 731/Kabaresi, Kapolres Buru, beserta Bupati Buru Selatan Tagop Sudarsono Soilisa beserta Forkopimda.

Tiba di Markas Komando Kompi Senapan D Yonif 731/Kabaresi kapolda disambut dengan penghormatan oleh prajurit jaga di mako tersebut. Usai penghormatan kapolda kemudian menuju ke podium untuk memberikan arahan.

Kapolda Maluku Dalam arahannya dihadapan Prajurit TNI Kompi Senapan D Yonif 731/Kabaressi serta Personil Polres Bursel mengatakan, menghadapi situasi dan kondisi pandemi ini, harus betul-betul menyikapinya, dan Kabupaten Buru Selatan ini adalah contoh dan teladan dalam tugas dan peran pemerintah di kabupaten ini dalam mengatasi situasi pandemi, sehingga sampai saat ini tidak ada yang terpapar covid-19.

“Dalam hal ini saya sampaikan bagai seluruh rekan-rekan di sini saya selaku wakil ketua percepatan penanganan COVID-19 saya akan terus berusaha dalam membantu mengatasi situasi ini sampai ada vaksin yang ditemukan untuk mengatasi virus Covid-19 ini,” ujar kapolda.

Baca Juga: Selanno: Miliki Penyakit Penyerta Kerja dari  Rumah

Pada kesmepatan itu, Kapolda Maluku juga menyinggung pelaksanaan pilkada yang akan digelar di Kabupaten Buru Selatan. Untuk itu bagi anggota Polri dari Kapolres sampai ke jajaran, harus benar mengambil tindakan dalam pelaksanaan tugas untuk proses pengamanan Pilkada di daerah ini.

“Dalam pelayanan, kita harus mengutamakan fungsi dan peran kita dalam melayani, siapa pun yang akan terpilih menjadi bupati dan wakil bupati dalam pemilu nanti, harus diutamakan netralitas dan berjalan sebagaimana mestinya dalam situasi yang kondusif dan aman,” ucap kapolda.

Ditegaskan, netralitas ini penting, apabila didapati anggota Polri yang buat pelanggaran dan mengambil tindakan yang semena-mena dan tidak benar dalam penyelenggaraan Pemilu ini, ia tidak segan segan memproses dan kapolresnya sekalipun akan dicopot dari jabatannya.

“Saya himbau bagi rekan-rekan anggota, sebelum kita melaksanakan tugas untuk melayani masyarakat, harus memulai dari kita dan kelurga kita, bagaimana kita menghimbau keluarga dan mengarahkan istri dan anak kita menjadi contoh yang baik sebagai seorang bapak kepala rumah tangga, baru kita lakukan tugas kita diluar sana untuk melayani masyarakat,” tandas kapolda.

Usai memberikan arahan, kapolda menyerahkan bantuan peralatan olahraga kepada Danki Senapan D Yonif 731/Kabaresi, Danki Brimob, serta penyerahan Cinderamata dari Kapolda Mlauku Irjen Baharudin Djafar kepada Danki Senapan D Yonif 731/Kabaresi Danyon Letkol Inf I Putu Ekasana Indra Putra. (S-45)