CLOSE AD

Terminal Alang dan Liliboi Dipindahkan ke Batu Merah

AMBON, Siwalimanews – Dinas Perhubungan Kota Ambon, dalam waktu dekat akan memindahkan terminal angkot Allang dan Liliboi yang selama ini berada di Jalan Mutiara, akan dipindahkan ke Kawasan Ruko Batu Merah.

“Tadi, saya dengan Dishub Maluku, kita telah turun dan melakukan koordinasi untuk nantinya yang namanya Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP), tidak boleh tidak boleh masuk di pusat kota, cukup sampai terminal Batu Merah, dan rencananya juga Allang dan Liliboi akan dipindahkan,” ungkap Plt kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Robby Sapulette kepada wartawan, di ruang kerjanya, Kamis (19/9)..

Ia menjelaskan, pemindahan kedua angkot tersebut dikarenakan selama ini ada angkot lainnya yang mengatasnamakan Allang dan Liliboi. Dan tak hanya itu, terminal yang selama ini ditempati, tak layak dijadikan sebagai terminal.

“Jadi ada kendaraan-kenda­raan dari luar yang mengatasna­ma­kan angkot Allang dan Liliboi yang masuk ke kota, padahal jumlah angkutan Allang dan Liliboi tidak sebanyak itu. Dan ternyata ada kendaraan yang sebenarnya AKDP tidak tahu dari trayek mana hanya pasang di kab-nya itu Liliboi dan sebagainya karena mereka tahu bahwa Liliboi bisa masuk ke pusat kota supaya mereka bisa angkut penumpang ke pusat kota,” ujarnya.

Dikatakan, dengan dipin­dahkan AKDP ke Batu Merah, juga akan mengurangi adanya kecemburuan dari angkot kota seperti Hunuth, Laha dan lainnya, sebab mereka selalu mengangkut penumpang angkutan kota.

“AKDP itu kita pindahkan kesana supaya jangan lagi masuk ke kota, karena nanti akan ada kesenjangan antara AKDP dengan angkot lain, teristimewa angkot Laha, Hunuth dan sebagainya. Oleh karena itu dalam waktu dekat, kita akan berupaya untuk pindahkan ke terminal Batu Merah supaya jangan lagi masuk ke pusat kota,” katanya.

Ia menambahkan, pemin­dahan angkot Allang dan Liliboi ini juga dapat mengu­rangi kemacetan yang selama ini terjadi dalam kota, sebab rute yang akan diambil AKDP sangatlah pendek dari Jalan Sudirman ke Jalan Sultan Hasa­nudin dan langsung masuk ke terminal Batu Merah. (S-40)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *