AMBON, Siwalimanews –  Pemerintah Provinsi Maluku memberikan apresiasi kepada Pemkab Kepulauan Aru dalam melakukan upaya pencegahan penyebaran covid-19.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Maluku, Kasrul Selang menjelaskan, saat ini peningkatan angka terkonfirmasi positif Covid-19 di Maluku terjadi di Kota Ambon dan Kabupaten Aru. Untuk menekan penyebarannya di Aru, pemkab mengambil kebijakan denhan melakukan rapid test antigen guna mengetahui kondisi masyarakat.

“Kebijakan antigen saja sudah memposisikan itu sebagai konfirmasi positif, dan itu pencegahannya lebih bagus,” ujar Kasrul kepada wartawa di Ambon, Jumat (25/6).

Menurutnya, bagi daerah-daerah yang belum bisa melakukan pemeriksaan PCR serta alami kesulitan transportasi, langkah tersebut dapat dilakukan, apalagi tingkat akurasi pemeriksaan antigen mencapai 90 persen lebih.

“Itu dimungkinkan daerah-daerah yang belum ada PCR atau transportasi susah dengan tes antigen yang akurasi 90 persen itu bisa dianggap positif, sambil mereka karantina di rumah, saya kira ini satu pencegahan yang bagus,” ujarnya.

Baca Juga: Unpatti Launching Sekolah Laboratorium

Sementara terkait dengan pencegahan secara umum, Kasrul mengaku, pihaknya lebih mengutamakan pengetatan terhadap testing, tracing, treatment, protokol kesehatan dan vaksinasi.

“Covid-19 semua naik karena penyebab dari makin banyak kita berkegiatan yang berpotensi menularkan, maka kita hanya mengetatkan 3T, prokes dan vaksinasi harus tetap jalan,” tegasnya. (S-50)