AMBON, Siwalimanews – Guna menekan peningkatan angka penularan demam berdarah dengue (DBD), maka warga Kota Ambon diminta untuk membantu pemerintah dengan menjaga kesehatan lingkungan masing-masing.

“Masyarakat harus lebih berperan dalam upaya mengurangi angka penularan DBD dengan mejaga kesehatan lingkungan,” ungkap anggota DPRD Maluku dapil Kota Ambon, Rovik Akbar Affifudin kepada Siwalimanews, Selasa (22/6).

Menurutnya, secara umum penularan penyakit DBD banyak dibandingkan dengan penyakit yang lain, sehingga perlu ditangani secara bersama-sama antara Pemkot Ambon dan warga kota.

“Masyarakat dapat membantu mencegah penularan DBD dengan membersihkan lingkungan, tutup tempat air, termasuk kolam-kolam yang ada genangan airnya, serta mengubur kaleng dan ban bekas,” pinta Rovik.

Apalagi kata Rovik, saat ini Kota Ambon sementara dilanda hujan lebat, karena itu kerja sama dan bantuan masyarakat pada masing-masing lingkungan, sangat dibutuhkan.

Baca Juga: Wattimury Resah, RUU Kepulauan tak Kunjung Dibahas

Selain itu, Rovik juga mengingatkan pemkot melalui Dinas Kesehatan untuk secara gencar melakukan penyemprotan atau vogging pada lingkungan yang menjadi tempat berkembang biak nyamuk aedes aegypti atau nyamuk DBD. (S-50)