AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon sampai sekarang masih memberlakukan tanggap darurat ke korban banjir dan tanah longsor yang terjadi pekan lalu. Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kota Ambon, Nurhajati Jasin mengungkapkan, sampai dengan saat ini pihaknya masih terus berupaya menangani para korban bencana banjir yang terjadi pekan lalu akibat dari hujan melanda Kota Ambon.

“Terus terang kami sangat prihatin dengan kejadian tersebut sehingga untuk penanggulangan banjir dan longsor, kami langsung melaksanakan masa tanggap daruratnya sejak saat itu juga. Dan tanggap darurat masih berlangsung hingga saat ini,” ungkap Nurhajati kepada wartawan di Ambon, Selasa (13/10).

Nurhayati mengaku, untuk menangani dan mengatasi sejumlah persoalan yang terkait dengan banjir tersebut, pihaknya telah menyebarkan tenaga-tenaga taruna siaga bencana (Tagana) ke lokasi-lokasi banjir maupun tanah longsor.

Dikatakan, sampai saat ini Tagana masih membantu masyarakat RT 004, RW 14 di Batumerah Dalam, di Kepala Air, dan di Desa Soya.

“Sampai sekarang kami terus membagi sembako kepada keluarga yang rumah terdampak  banjir dan longsor,” jelasnya.

Baca Juga: Program TMMD di Namlea Hampir Rampung

Nurhayati mengungkapkan, sampai saat ini pihaknya masih membagikan sembako kepada keluarga-keluarga yang rumahnya  rusak akibat bencana itu.

“Kami akan membagikan sembako ke keluarga-keluarga yang rumahnya rusak. Badan bencana  sementara memverifikasi  data. Jadi kami baru dapat laporan itu ada sekitar 50-an warga tersebar di empat kecamatan yang terkena dampak. Yang rusak berat untuk data yang ada sekita 50 unit rumah,” kata tandas Nurhayati. (Mg-6)